News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Respons MUI Terkait Ceramah Oki Setiana Dewi: Tidak Semua KDRT Harus Disimpan Rapat-Rapat

Penulis: Milani Resti Dilanggi
Editor: Pravitri Retno W
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Respons MUI terkait ceramah Oki Setiana Dewi.

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Muhammad Cholil Nafis, memberikan tanggapan terkait viralnnya video ceramah Aktris, Oki Setiana Dewi.

Seperti diketahui, sosok Oki tengah menjadi sorotan usai ceramahnya yang disebut menormalisasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), viral di media sosial.

Dalam cuplikan video yang beredar, Oki menceritakan kisah yang disebutnya nyata, tentang pasangan suami istri di Jeddah, Arab Saudi.

Ia menceritakan seorang suami yang memukul istrinya, luluh lantaran sang istri tak mengadukan perbuatannya pada ibunya.

Mengenai ceramah yang disampaikan Oki, Cholil menilai tak semua KDRT disimpan rapat-rapat.

Namun, menurutnya, tak setiap kekerasan yang dialami seseorang dalam rumah tangga, dilaporkan hingga ke penegak hukum, jika masih bisa dicari jalan keluarnya.

Unggahan Cholil Nafis yang menanggapi ceramah Oki Setiana Dewi. (Instagram @cholilnafis)

"Tidak semua kekerasan dalam rumah tangga harus disimpan rapat-rapat, juga jangan sampai setiap kekerasan dalam rumah tangga diceritaakan kemana-mana dan dilaporkan ke pihak penegak hukum," tulis Cholil dalam akun instagram pribadinnya, Jumat (4/2/2022).

Cholil juga menambahkan jika terjadi Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) diperbolehkan dan diupayakan untuk cerita kepada orang lain yang tepat. 

Hal tersebut guna untuk mendapatkan nasihat dalam menghentikan tindak kekerasan rumah tangga. 

Baca juga: Imbas Video Ceramah Viral, Oki Setiana Dewi Minta Maaf: Tentu Saya Sangat Menolak KDRT

"Jika terjadi KDRT baiknya, upayakan diceritakan kepada orang yang tepat, guna mendapat nasihat dalam menghentikan kekerasan rumah tangga," tulis Cholil.  

"Boleh kepada orang tua, teman atau tokoh yang disegani. Tapi kalo ternyata secara kekeluargaan tak bisa diselesaikan maka bisa jalur hukum bahkan perceraian. Tapi pilihan jalur aparat hukum ini adalah pilihan terakhir itupun jika sudah tak bisa kompromi lagi secara baik-baik,

Diakhir postingan Instagramnnya, Cholil juga memberikan ajakan dan imbauan untuk terus belajar mengenai kehidupan berkeluarga. 

"Berkeluarga itu harus banyak belajar karena masalahnya terus terbarukan dan kerumitan dalam keluarga makin bertambah. Tapi ayo semua selesiakan dengan keimanan sesuai petunjuk Allah SWT," pungkas Cholil.

Baca juga: Ceramah Oki Setiana Dewi Viral, Jaringan Muslim Madani: KDRT Bukan Aib, Tapi Kriminal

Selain di unggahan Instagram, Cholil juga menanggapi ceramah Oki dalam sebuah wawancara bersama Apa Kabar Indonesia Pagi tvOne.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini