News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Taman Mini Indonesia Indah

TMII Lakukan Pemugaran: Tahap Awal Dilakukan di Area Danau Archipelago

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah dilakukan pemugaran.

Perbaikan awal dilakukan di area danau archipelago.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney Dony Oskaria dalam keterangannya, Kamis (10/2/2022).

TMII akan menjadi Indonesia Opera yang diproyeksikan dapat rampung pada Oktober 2022. Saat ini, perbaikan TMII sedang berlangsung. Pemugaran, menurut Dony, dilakukan untuk mengembalikan daya tarik TMII.

"Tahap awal perbaikan dilakukan di area danau archipelago, yang memperlihatkan kepulauan Indonesia saat dilihat dari udara. Itu akan dibuat sangat bagus," ujar Dony.

Dony menambahkan, perbaikan juga akan dilakukan di Sasono Langen Budoyo.

Renovasi tersebut, akan mengembalikan unsur-unsur yang indah di dalamnya.

Ia memastikan renovasi TMII akan meningkatkan daya tarik para pengunjung.

"Juga akan perbaikan Keong Mas, perbaikan daripada museum-museum dan tentu saja anjungan-anjungan dikembalikan lagi," tutur Dony.

Diketahui renovasi TMII dimulai Januari 2022. Presiden Joko Widodo memberikan penugasan khusus kepada Kementerian PUPR. Revitalisasi demi menjadikan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia.

Baca juga: Revitalisasi TMII Dipastikan Tak Bakal Hilangkan Identitas dan Karakter Keragaman Indonesia

Menteri PUPR: Anggaran Renovasi TMII Sebesar Rp 1,13 Triliun

Kementerian PUPR mendapatkan penugasan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), satu di antaranya renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi TMII merupakan penugasan khusus Presiden berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Suasana sejumlah tempat yang direvitalisasi di TMII, Jakarta Timur, Jumat (21/1/2022) (TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH) (TribunJakarta.com/ Nur Indah Farrah Audina)

"Anggaran renovasi TMII sebesar Rp 1,13 triliun," kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini