News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Selasa, 15 Maret 2022: 26 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Cuaca Ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk Selasa, 15 Maret 2022, terdapat 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Selasa (15/3/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 26 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sedangkan, 2 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Selasa, 15 Maret 2022: Waspada Riau Hujan Lebat

Baca juga: Info Cuaca BMKG Selasa 15 Maret 2022: Waspada Hujan dan Petir di 28 Wilayah

BMKG menginformasikan, terdapat bibit siklon tropis 90S terpantau berada di Samudera Hindia sebelah selatan Lampung dengan kecepatan angin maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 1000 hPa.

Sistem ini bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dengan potensi untuk menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori tinggi.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia selatan Banten.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata, di Selat Makassar bagian selatan, dan di Laut Arafuru bagian timur yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Selat Makassar hingga Laut Sumbawa, dari Laut Seram bagian timur hingga perairan barat Papua, dan di Laut Arafuru bagian timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/low level jet tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Selasa (15/3/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini