News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Antibodi Covid-19 Masyarakat Naik Jadi 99,2 Persen, Menkes Yakin Mudik Lebaran Lancar

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers terkait Evaluasi PPKM Jawa-Bali secara virtual, Senin (18/4/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasil survei serologi Covid-19 terbaru menunjukkan terjadi peningkatan antibodi masyarakat Indonesia menjadi 99,2 persen.

Artinya lebih tinggi dari survei sebelumnya yang menyentuh angka 86,6 persen.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan dengan melihat kondisi ini maka pemerintah berkeyakinan kebijakan yang diambil dalam menghadapi lebaran tepat karena telah berbasis riset.

"Kadar antibodi masyarakat Indonesia naik menjadi 99,2 persen. Artinya 99,2 persen dari populasi masyarakat Indonesia sudah punya antibodi. Minimal berasal dari vaksinasi maupun dari infeksi," kata dia dalam konferensi pers virtual, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Menkes: Anak di Bawah 18 Tahun Boleh Mudik Lebaran 2022 Tanpa Tes Antigen dan PCR

Ia menerangkan, survei yang dilakukan atas kerjasama Kemenkes dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia terbaru itu juga memperlihatkan bukan hanya banyak masyarakat yang memiliki antibodi namun kadar antibodinya juga tinggi.

"Sehingga kalau diserang virus, daya tahan tubuh kita bisa cepat menghadapinya dan mengurangi sekali risiko masuk rumah sakit atau risiko wafat," kata mantan Wakil Menteri BUMN ini.

Budi optimistis Ramadan dan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan aman dan lancar meski di tengah pandemi Covid-19.

"Itu yang menyebabkan kenapa kami percaya, Insyaallah Ramadhan kali ini, mudik kali ini bisa lancar tanpa membawa dampak negatif pada masyarakat kita," harap Menkes Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini