News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Komisi I DPR Pastikan Finalisasi RUU Perlidungan Data Pribadi Dibahas dalam Rapat Pekan Depan

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (7/6/2022).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas menargetkan finalisasi pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan dibahas dalam rapat panitia kerja (Panja) pada pekan depan.

"Saya pikir yang paling penting sekarang kita konsen bagi panja PDP di Komisi I untuk finalisasi pembahasan. Target kita minggu depan lakukan konsinyering untuk menindaklanjuti rapat hari ini," kata Yan Permenas saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa (7/6/2022).

Adapun hal yang membuat pembahasan RUU PDP alot karena DPR ingin memastikan Pemerintah untuk konsisten dalam menjaga data pribadi dari masyarakat.

Kata Yan, hal itu yang memakan waktu cukup panjang untuk menemukan kesepakatan.

Namun, dalam waktu dekat ini baik DPR maupun Pemerintah sudah menemukan kesepakatan yang dinilainya tak lagi menjadi hambatan dalam pembahasan RUU PDP.

Baca juga: Dorong Akselerasi Ekonomi Digital, Pengamat Desak DPR Segera Tuntaskan UU PDP dan KKS

"Tapi beberapa waktu ini dalam pembahasan sudah ada win win solution dan tentunya tidak ada lagi hambatan untuk kita bisa menyelesaikan pembahasan RUU PDP dalam waktu dekat," ucap Yan.

Sejauh ini kata legislator Gerindra itu, masih ada beberapa perbaikan yang harus diselesaikan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Kendati begitu, dirinya memastikan kalau RUU PDP ini sudah tuntas dibahas dalam bulan ini atau paling lambat awal Juli mendatang.

Baca juga: Hari Pancasila: Pembahasan UU PDP dan UU KKS Jangan Masuk Angin

"Ada beberapa perbaikan-perbaikan yang memang harus dilakukan oleh pemerintah melalui Kominfo selaku koordinator yang ditugaskan pemerintah. Mudah-mudahan, kita berharap dalam bulan ini PDP sudah bisa dituntas," kata Yan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini