News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Isu Ancaman Nirmiliter dan Illegal Fishing Jadi Bahasan Pertemuan IKA Lemhanas Jawa Barat

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

DPD IKAL Lemhannas RI Jabar menghelat acara Ngopbar Sersan pada hari Jumat, 9 September 2022 di Hotel Santika Bandung. Acara Ngopbar Sersan dimanfaatkan pengurus DPD IKAL Jabar sebagai ajang silaturahmi yang mempertemukan para alumni angkatan tanpa pengecualian dari pendidikan dan ataupun program apa yang diterima para alumni dari Lemhannas RI.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Alumni (IKAL) Lemhannas RI Jawa Barat mempertemukan para alumni angkatan tanpa pengecualian dari pendidikan dan ataupun program apa yang diterima para alumni dari Lemhannas RI di Bandung, Jabar akhir pekan lalu.

Ketua DPD IKAL Jawa Barat Mayjend TNI (P) Deni K Irawan mengatakan, pertemuan ini dijadikan ruang ekspresi para alumni angkatan untuk mengambil bagian dari keluarga IKAL.

"Kami mengharapkan rekan rekan angkatan, dapat berkontribusi dalam mengaktualisasikan IKAL sebagai wadah organisasi mitra intelektual dan prestisius di wilayah," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Deni mengatakan, secara organisasi pihak-pihak yang telah menerima program dan telah berikrar untuk menjadi agen perubahan dapat mengimplementasikan nilai - nilai empat konsensus kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus menjadi pedoman untuk menjawab tantangan berbangsa pada masa kini dan masa datang.

"Dan ini menjadi komitmen bersama alumni dimana KBS angkatan baik ToT / Pembinaan dan Pelaksanaan Taplai merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keluarga Alumni Lemhannas RI," katanya dalam acara bertajuk Ngopbar Sersan itu.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD IKAL Lemhanas Jabar telah memberikan mandat kepada Usep Wahyu, SH untuk bertindak sebagai fasilitator guna menampung apa yang menjadi pokok-pokok dalam pembahasan.

Pertemuan membahas tentang konsolidasi KBS PUP/ ToT Pembinaan dan Pelaksanaan Taplai lintas angkatan adalah penguatan organisasi IKAL Jawa Barat, kemudian kedudukan IKAL Jabar sebagai organisasi di wilayah, serta upaya mewujudkan kesekretariatan IKAL Jabar yang representatif.

"Kami juga mengangkat isu terkait bidang Kemaritiman dan penyimpangan illegal fishing, serta isu ancaman nyata nirmiliter dalam penyebaran HIV/AIDS di Jawa Barat khususnya Kota Bandung," kata Usep.

Marcellus Hakeng Jayawibawa, alumni pelatihan bagi Pelatih Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI angkatan II Tahun 2022 mengatakan, konsolidasi KBS PU Pembinaan dan Pelaksanaan Taplai angkatan yang terinisiasi dapat berjalan lancar walau kemasannya sederhana namun begitu cukup khidmat.

Baca juga: IKAL Lemhannas Bakal Gelar Turnamen Golf Agum Gumelar Cup 2022

Halaman
12

Berita Populer