News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemendikbudristek Ajak ADI Bantu Tingkatkan Kualitas Dosen di Indonesia

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Milad 24 tahun dan Kongres Kelima ADI di Jakarta Convention Center, Jakarta. Pada kesempatan tersebut Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek Mohammad Sofwan Effendi mengajak Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) meningkatkan kompetensi dosen di tanah air.

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek Mohammad Sofwan Effendi mengajak Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) meningkatkan kompetensi dosen di tanah air.

Menurut Sofwan, ADI dapat menjadi mitra strategis Pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, harapan kedepan di milad ke-24 ADI dapat menjadi mitra Kemendikbud untuk peningkatan SDM dosen dan mitra strategis untuk kemajuan pendidikan Indonesia," ujar Sofwan melalui keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sofwan dalam Milad 24 tahun dan Kongres Kelima ADI di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Baca juga: Kemendikbudristek Ungkap Alasan Masih Pertahankan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Dalam Kongres ini terpilih guru besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia Mohammed Ali Berawi, sebagai Ketua Umum DPP ADI periode 2022-2026 menggantikan Dino Patti Djalal.

Ali mengatakan ADI sebagai organisasi dosen terbesar di Indonesia, akan terus meningkatkan perannya sebagai wadah para dosen dalam peningkatan kualitas dosen.

Selain itu, Ali mengatakan ADI akan berperan aktif dalam mendukung program pemerintah dalam mencerdaskan bangsa dan membangun negara.

“ADI akan menjadi wadah penggerak kemajuan pendidikan Indonesia, dan menjadi minta strategis pemerintah dan mampu menjadi organisasi penggerak perubahan kemajuan bangsa," ungkap Ali.

Ali juga merupakan ketua bidang transformasi teknologi dan inovasi di Tim Transisi IKN dan Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI.

Baca juga: Kemendikbudristek Bakal Umumkan Skema Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023 Pada Desember Ini

Milad 24 tahun dan Kongres Kelima ADI di Jakarta Convention Center, Jakarta. (Ist)

Sementara itu, Dino Patti Djalal mengungkapkan bahwa saat periode kepengurusannya, ADI banyak menggelar kegiatan dan kerjasama internasional.

"Sebagai organisasi dosen, ADI bukan hanya fokus pada peningkatan kualitas dosen tetapi bagaimana ADI dapat menjalin kerjasama Internasional," ungkap Dino.

Amirsyah Tambunan selaku Sekjen ADI periode 2017-2022 mengucapkan selamat atas terpilihnya Mohammed Ali Berawi sebagai Ketua Umum ADI.

"Semoga ADI kedepan menjadi lebih baik dalam pergerakaanya untuk kemajuan bangsa," tutur Amirsyah.

Milad ini juga diisi dengan kegiatan Internasional Conference, seminar nasional dan pameran inovasi pendidikan dari berbagai negara.

Kongres ke V ini mengusung tema "ADI Penggerak Perubahan untuk Kepemimpinan Masa Depan Bangsa".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini