News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Cuaca Besok - BMKG: 31 Wilayah Diguyur Hujan Deras, Sabtu, 22Oktober 2022

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi hujan - BMKG telah merilis peringatan dini cuaca untuk besok, Sabtu (22/10/2022). BMKG memperkirakan, 31 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca untuk besok, Sabtu (22/10/2022).

BMKG memperkirakan, 31 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang.

Mulai dari sebagian wilayah Jawa hingga Papua.

Low Pressure Area berada di Samudra Pasifik utara Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi di Samudra Pasifik utara Papua.

Sirkulasi siklonik berada di Samudra Hindia barat Sumatra Barat, di Samudra Hindia barat Lampung, dan di Laut China Selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Sumatra Utara, di Bengkulu, di Laut China Selatan, dari Kalimantan Tengah hingga utara Kalimantan Utara, dan di Samudra Pasifik utara Papua.

Daerah konvergensi juga memanjang di Sumatra Utara, di Samudra Hindia barat Sumatra Barat dan selatan Banten, dari perairan selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, di NTB, dari Kalimantan Tengah hingga utara Kalimantan Utara, di Kalimantan Selatan, dari Laut Jawa hingga Selat Makassar, di Sulawesi bagian tengah, dari Laut Seram hingga Teluk Cenderawasih, dan di Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jawa Tengah Sabtu, 22 Oktober 2022: Semarang Hujan Ringan, Kebumen Berawan

Daerah konfluensi di Riau, Kep. Riau, Laut China Selatan, perairan selatan Jawa Timur, utara Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, dan Samudra Pasifik utara Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Low Pressure Area/ sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini