News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Muktamar Muhammadiyah

Hadiri KTT APEC, Jokowi Pulang Duluan demi Hadiri Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jokowi menyebut dirinya pulang paling dahulu dibanding pemimpin negara lain saat menghadiri KTT APEC.Hal ini demi hadir di Muktamar Muhammadiyah.

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan pidato dalam Pembukaan Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke-48 di Stadion Manahan, Solo pada Sabtu (19/11/2022).

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku pulang ke Tanah Air terlebih dahulu saat menghadiri KTT APEC yang digelar di Bangkok, Jumat (18/11/2022).

Dirinya menyebut gelaran KTT APEC seharusnya baru selesai pada Sabtu sore ini tetapi memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk menghadiri Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah.

Keputusan ini dilakukan Jokowi lantaran ia menghormati undangan dari Muhammadiyah dan Aisyiyah.

“Tadi malam saya masih berada di Bangkok dan sampai di Kota Solo jam 23.00 WIB. Seharusnya KTT APEC baru selesai sore hari ini.”

“Tetapi karena hormat saya, respek saya terhadap undangan dari PP Muhammadiyah dan PP Aisyiyah, maka saya pulang duluan mendahului pemimpin-pemimpin (negara) lain agar bisa berjumpa dengan Bapak-Ibu semuanya,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Agenda Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Hari Ini 19 November 2022

Sebagai informasi, setelah pembukaan Muktamar, acara dilanjutkan dengan proses sidang Muktamar yang digelar di Edutorium dan GOR Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada sore ini.

Kemudian pada hari selanjutnya, Minggu (20/11/2022), sidang Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah digelar.

Adapun Muktamar Muhammadiyah akan digelar di Edutorium Ahmad Dahlan UMS.

Sementara Muktamar Aisyiyah diselenggarakan di GOR UMS.

Setelah itu, penutupan Mukatamar pun dilakukan di hari yang sama oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin di Edutorium Ahmad Dahlan.

Menurut Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Tafsir mengungkapkan Muktamar Muhammadiyah tahun ini sangat singkat lantaran hanya dilaksanakan dalam tiga hari.

“Ini mungkin jadi Muktamar tersingkat dalam sejarah, karena biasanya lima hari, ini hanya dua hari,” jelas Tafsir dikutip dari Kompas.com.

Hasil Tanwir Caketum PP Muhammadiyah 2022-2027: Anwar Abbas Peroleh Suara Terbanyak

Anwar Abbas memperoleh suara terbanyak dalam Sidang Tanwir Pra-Muktamar Muhammadiyah yang digelar pada Jumat (18/11/2022). (Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini