News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenkes Ingatkan Perusahaan akan Pentingnya Penerapan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perusahaan diminta wajib menyelenggarakan upaya kesehatan menyeluruh para pekerja perempuan. Foto Kementerian Kesehatan saat memberikan penghargaan Mitra Bakti Husada terkait GP2SP.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa mengatakan perusahaan wajib menyelenggarakan upaya kesehatan menyeluruh para pekerja perempuan.

Kunta Wibawa mengingatkan pentingnya penerapan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP).

"Pekerja perempuan memiliki peran ganda sebagai seorang ibu, oleh karena itu implementasi gerakan GP2SP tidak hanya berperan meningkatkan kesehatan dan produktivitas," ujar Kunta melalui keterangan tertulis, Sabtu (19/11/2022).

"Namun juga berperan dalam mencapai indikator pembangunan lainnya, karena seorang ibu yang sehat akan melahirkan para generasi penerus bangsa yang berkualitas," tambah Kunta.

Baca juga: Daftar 12 Obat Kritikal yang Boleh Digunakan, Ini Pesan Kemenkes

GP2SP, menurut Kunta, merupakan perwujudan dari beberapa peraturan pemerintah.

Perusahaan wajib menyediakan layanan kesehatan yang mencakup peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, deteksi dini, dan penanganan penyakit serta pemulihan kesehatan.

Kemenkes memberikan penghargaan Mitra Bakti Husada terkait GP2SP kepada unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia).

"Penghargaan ini merupakan wujud upaya dan dukungan kami dalam meningkatkan kualitas kesehatan para pekerja, khususnya kaum perempuan di lingkup Perusahaan," ungkap Direktur Utama Tjiwi Kimia Suhendra Wiriadinata.

Tjiwi Kimia menerapkan beragam program dalam mendukung gerakan GP2SP, antara lain kebijakan terhadap pekerja wanita bekerja nonshift, dan penggunaan wajib APD lengkap.

Lalu pelayanan kesehatan dengan bekerjasama dengan Rumah Sakit Citra Medika dan beberapa puskesmas, serta sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari tenaga kesehatan profesional.

Selain itu terdapat pula program menurunkan tingkat anemia pekerja perempuan, serta beragam program bagi pekerja hamil dan menyusui antara lain penyediaan ruang laktasi, senam hamil, dan reward bagi ibu pemberi asi eksklusif.

"Melalui beragam program yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan pekerja yang dijalankan di Tjiwi Kimia, kami harapkan dapat memacu dan terus meningkatkan upaya keselamatan dan kesehatan pekerja secara menyeluruh, sehingga mampu mendukung terwujudnya peningkatan kualitas sumber daya manusia," jelas Suhendra.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kunta Wibawa, dan didampingi Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr. Maria Endang Sumiwi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini