News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Polri Komunikasi dengan PWI Jateng hingga Dewan Pers soal Intel yang Menyamar Menjadi Wartawan

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Iptu Umbaran Wibowo, Kapolsek Kradenan yang pernah menjadi seorang wartawan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri berkomunikasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah hingga Dewan Pers soal kasus intel polisi yang menyamar menjadi wartawan di Blora Jawa Tengah.

Intel polisi itu adalah Iptu Umbaran Wibowo yang menyamar jadi wartawan dan kontributor sebuah stasiun televisi.

Penyamaran Iptu Umbaran Wibowo terbongkar setelah dia diangkat menjadi Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah.

"Ini sudah dikomunikasikan kepada teman-teman media di sana, baik itu dari PWI, kemudian juga dikombinasikan dengan Dewan Pers, dari Polda Jateng sudah mengkomunikasikan hal tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Dewan Pers soal Umbaran Wibowo, Intel yang Jadi Wartawan 14 Tahun: Cederai Independensi Wartawan

Dedi menyebut dengan adanya kejadian itu tidak membuat kebebasan pers terganggu dalam melaksanakan tugasnya.

"Pada prinsipnya, kebebasan pers adalah hal yang mutlak sesuai UU Pers. Ini yang harus kita jaga marwahnya. Di Jateng juga kebebasan pers kita terus junjung tinggi," ucapnya.

Di sisi lain, Dedi mengklaim jika hubungan antara wartawan dengan jajaran kepolisian khususnya di Blora, Jawa Tengah berjalan dengan baik.

"Kemudian di Blora juga hubungan antara teman-teman media dengan jajaran Polres Blora juga sangat baik. Artinya kebebasan pers yang selama ini di Polda Jateng maupun di Blora tetap berjalan dengan baik," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Tengah membantah terkait kabar Iptu Umbaran Wibowo yang kini menjabat sebagai Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah telah dipecat.

Kabar yang diterima Tribunnews.com, pemecatan hingga pemeriksaan terhadap Iptu Umbaran Wibowo itu buntut viralnya anggota tersebut yang menyamar sebagai wartawan kontributor TV nasional.

"Bersama ini disampaikan, isu pencopotan yang bersangkutan dari jabatannya selaku Kapolsek tidak benar," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (14/12/2022).

Iqbal mengatakan saat ini Iptu Umbaran Wibowo masih menjabat sebagai Kapolsek Kradenan setelah dilantik beberapa waktu yang lalu.

Iqbal juga membenarkan jika Iptu Umbaran pernah juga bekerja sebagai wartawan kontributor TV.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini