News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kaesang Terjun ke Politik

Ambisi Kaesang Pangarep Jadi Kepala Daerah Disambut Rangkul Partai Pendukung Pemerintah

Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Solo, Jawa Tengah, Senin (24/10/2022).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo disebut siap maju menjadi calon kepala daerah.

Meski belum mengungkapkan secara langsung ke publik soal keinginan terjun ke dunia politik, beragam reaksi menyorot langkah Kaesang Pangarep.

Kaesang baru langsung bilang kepada Presiden Joko Widodo dan kakanya Gibran Rakabuming Raka saat makan siang di Ono Solo Coffee & Eatery, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (23/1/2023).

Merespon niatan tersebut, sederet partai politik membentangkan karpet merah untuk Kaesang menjadi kader.

Direktur Eksekutif Paramater Politik, Adi Prayitno menjelaskan, banyak argumen normatif soal Kaesang Pangarep.

"Tapi Variabel memungkikan adalah karena Mas Kaesang ini adalah anak presiden yang saat ini berkuasa," kata Adi Prayitno dalam wawancara bersama Kompas TV, Kamis (26/1/2022). 

Menurutnya, banyak sosok anak muda hingga pengusaha tersohor di media sosial yang terjun ke politik.

Tapi tidak langsung disambut meriah oleh partai politik.

Adi menjelaskan, partai tempat Kaesang bernaung sudah pasti akan mendapatkan elektoral positif. 

"Ya jelas dong akan mendapatkan insentif elektoral. Kan bisa dipastikan Kaesang itu bertarung di pilkada membuat kemenangan bisa dikantongi. Dengan tanpa ingin mendahuli kehendak, tuhan otomatis ini bisa dapetlah kira-kira begitu," ujarnya.

"Karena apapun judulnya saya kira instrumen politik kekuatan partai tempat Kaesang berlabuh, mesin partai akan bekerja maksimal, begitupun dengan para tokoh dan kelompok yang terafiliasi akan mendukung Kaesang maju untuk menjadi pejabat," tambahnya.

Karena itu Adi menilai jika nanti Kaesang mengumumkan siap maju menjadi calon kepala daerah, akan mendapat sambutan yang luar biasa.

"Kalau serius ingin maju, merem saja. Tinggal tunjuk partai manapun yang akan memfasilitasi Mas Kaesang. Ini belum menyatakan secara definitif kapan deklarasi, semua partai membentangkan karpet merah untuk siap menampung dan mendukung secara total. Bahkan Partai Demokrat siap menampung," ujarnya.

Kaesang pernah ucap gaji pejabat kecil

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini