News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Helikopter Mendarat Darurat di Jambi

Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi: TNI AU Ikut Kerahkan Helikopter Super Puma dan Pasukan Kopasgat

Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Helikopter Super Puma TNI AU. TNI mengerahkan Helikopter NAS-332 Super Puma untuk membantu proses pencarian dan pertolongan (SAR) rombongan Kapolda Jambi yang mengalami kecelakaan helikopter

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan Helikopter NAS-332 Super Puma untuk membantu proses pencarian dan pertolongan (SAR) rombongan Kapolda Jambi yang mengalami kecelakaan helikopter dan terpaksa mendarat darurat di area Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi, Senin (19/2).

Helikopter TNI AU itu dikirim langsung dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor, Jawa Barat.

Helikopter NAS-332 Super Puma itu take off pukul 08.45 WIB dari Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru pada Senin (20/2).

"Helikopter NAS-332 Super Puma diawaki oleh Mayor Pnb M. Ravi Rakasiwi (IP), Kapten Pnb Surya Mega (Penerbang I), dan Letda Wisnu Dwi (Penerbang II)," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan tertulisnya. Ikut dalam Heli H-3211, satu tim Search and Rescue (SAR) Batalyon Komando 462 Pasgat berjumlah 7 personel dibawah pimpinan Danyon 462 Pasgat Letkol Pas Junaidi," kata Indan.

Indan menyebut helikopter itu dilengkapi dengan peralatan hoist yang memungkinkan pertolongan korban dengan teknik hovering (tanpa mendarat).

"Helikopter terbang dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menuju Jambi dan selanjutnya ke titik koordinat lokasi pendaratan darurat di Bukit Tamia Jambi. Tim SAR Kopasgat TNI AU ini akan membantu melaksanakan evakuasi," tulis Dinas Penerangan Angkatan Udara.

Selain helikopter TNI AU, Basarnas juga ikut mengirimkan helikopter yang digunakan untuk membawa perlengkapan evakuasi dan logistik.

"Nanti akan ada dua heli lagi yang didatangkan, dari Basarnas dan TNI AU. Untuk heli dari Basarnas tiba pukul 1 nanti, TNI AU kita masih menunggu," kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto, Senin (20/2).

Baca juga: Kapolda Jambi Cedera Patah Tangan, Hari Ini Dievakuasi Pakai Heli Menuju Lapangan KONI Merangin

Humas Basarnas Jambi Lutfi mengatakan ada tiga orang tim rescue yang dikerahkan Basarnas pusat.

"Heli Basarnas Jambi posisinya sudah berada di Pekanbaru dari Medan yang akan bergerak ke Jambi untuk melakukan evakuasi. Ada tim rescue juga dari Basarnas Jambi," ujarnya.

Tidak hanya helikopter dari kedua instansi itu, Polairud Baharkam Polri, Polda Jambi Sumsel, dan PT WKS juga mengerahkan helikopter yang digunakan dalam proses evakuasi.

Sebelumnya, rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono yang menaiki helikopter Polri jenis Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 terpaksa mendarat darurat di tengah hutan, Bukit Tamia, Muara Emat, Kerinci, Jambi.

Rombongan Kapolda itu berangkat dari bandara Sultan Thaha Jambi dengan tujuan Bandara Depati Parbo.

Rombongan itu kemudian berhasil ditemukan tim SAR melalui jalur darat. Sebanyak 8 orang itu selamat setelah semalaman berada di tengah hutan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini