News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2023

Menhub Prediksi 18 Juta Warga Jabodetabek Akan Mudik Lebaran Tahun Ini

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi mudik - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi kenaikan signifikan pemudik pada Angkutan Mudik Lebaran Tahun 2023.

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi akan terjadi kenaikan signifikan pemudik pada Angkutan Mudik Lebaran Tahun 2023.

Kenaikan tersebut diprediksi dari 85 juta menjadi 123 juta orang atau 47 persen secara nasional. Sedangkan khusus di Jabodetabek, kenaikan pemudik diprediksi naik 4 juta atau 27 persen pemudik dari semula 14 juta ke 18 juta.

Baca juga: Persiapkan Angkutan Mudik Lebaran 2023, Kemenhub Fokus Tiga Titik Ini

"Terjadi suatu kenaikan jumlah saudara kita yang mudik dari 85 juta menjadi 123 juta orang. Untuk di Jabodetabek dari 14 juta menjadi 18 juta," kata Budi dalam konferensi pers, Jumat (24/3/2023).

Budi mengatakan angka ini didapat berdasarkan hasil penelitian seperti pada tahun-tahun sebelumnya dengan margin of error kurang dari 5 persen.

"Kami lakukan ini dengan suatu ketelitian, bisa dikatakan margin errornya kurang dari 5 persen, dan tahun-tahun lalu itu relatif sama," ungkap Budi.

Kemudian berdasarkan riset lonjakan pemudik tahun ini, ada sebanyak 22 persen akan menggunakan kendaraan mobil pribadi, dan 20 persen sepeda motor. Sisanya memanfaatkan transportasi massal seperti bus, kereta api, pesawat dan kapal.

Baca juga: Daftar Ruas Jalan Tol di Sumatera yang Siap Digunakan Mudik Lebaran 2023

"Yang akan mudik 22 persen itu menggunakan mobil pribadi, dan 20 persen menggunakan sepeda motor," ungkap Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini