News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cegah Ideologi Terorisme, Kepala BNPT Tempatkan Penegakan Hukum Sebagai Opsi Terakhir

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada Senin (3/4/2023).

Rycko mengatakan dirinya akan mengedepankan pencegahan ideologi terorisme dengan mengedepankan upaya pada bidang edukasi pendidikan dan kesejahteraan.

Sedangkan penegakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remedium, atau pilihan paling terakhir.

"Kita akan melakukan kerja sama baik dalam dan luar negeri terutama mengedepankan upaya pencegahan menggunakan sentuhan daripada hati, pencegahan yang lebih mengedepankan upaya bidang edukasi pendidikan dan kesejahteraan," kata Rycko dalam konferensi pers seperti ditayangkan Kompas TV, Senin (3/4/2023).

"Namun demikian penindakan hukum akan ditempatkan sebagai ultimum remidium, pilihan terakhir dalam melakukan upaya penanggulangan ideologi terorisme," lanjutnya.

Pendekatan lunak tersebut, lanjutnya, juga akan digunakan mengoptimalkan upaya deradikalisasi. BNPT nantinya juga akan bekerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri perihal upaya pencegahan terorisme tersebut.

"Kita akan melakukan kerja sama baik di dalam negeri maupun di luar negeri terutamanya dengan mengedepankan upaya-upaya pencegahan," ungkap dia.

Sebagai informasi, Rycko Amelza sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

Baca juga: Pesan Jokowi Kepada Komjen Rycko Amelza Selaku Kepala BNPT Baru

Lulusan terbaik Akpol 1988 ini mendapat kenaikan pangkat luar biasa setelah turut serta melumpuhkan gembong teroris Dr. Azhari di Batu, Jawa Timur pada tahun 2005 silam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini