News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PBNU Apresiasi Polri Lakukan Bersih-bersih di Internal Kepolisian

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ahmad Fahrur Rozi menilai kasus yang menyeret petinggi Polri bisa menjadi momentum kepolisian melakukan pembenahan internal. 

Pasalnya, momen tersebut dapat membuat masyarakat semakin percaya dengan Polri. 

"Ini juga momen yang sangat baik untuk melakukan bersih-bersih di internal kepolisian, juga sistem jenjang karir kepangkatan yang profesional, bersih dan transparan,” kata pria yang akrab disapa Gus Fahrur, Senin (1/5/2023).

Gus Fahrur mengapresiasi kinerja Polri saat ini. Sebab, Polri bersika profesional dalam kasus yang menjerat dua jenderalnya, yakni Ferdy Sambo dan Teddy Minahasa.

"Iya, alhamdulillah kita bersyukur kepolisian bersikap profesional meskipun juga ada desakan kuat masyarakat, namun vonis itu tentunya melalui proses penyidikan oleh kepolisian dan kejaksaan yang berjalan fair dan transparan," imbuhnya. 

Gus Fahrur melihat hal tersebut patut dibanggakan dan diapresiasi. Sikap tersebut, lanjutnya, akan semakin membuat simpati  dan kepercayaan masyarakat terhadap polisi semakin baik dan akan pulih kembali.

Baca juga: Tolak Pleidoi, Jaksa Minta Tetap Hakim Vonis Irjen Teddy Minahasa Hukuman Mati

Gus Fahrur berharap kepercayaan tersebut dapat dijaga dengan baik. Sebab bagaimana pun polisi dibutuhkan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat. Hal ini untuk menjaga ketertiban umum dan menciptakan rasa aman dalam menjalankan aktivitas bekerja sehari hari.

"Polisi memainkan banyak peran sesuai dengan tugasnya untuk melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat," tutur dia.

Temuan survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyebutkan kepercayaan terhadap Kepolisian terus meningkat. Jika sebelumnya posisinya ada di nomor dua dari bawah, saat ini posisi Polri ada di nomor lima, di bawah TNI, Presiden, Kejaksaan, dan Pengadilan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini