News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pakar Jelaskan Apa Itu Copywriter Skill dengan Teknik SEO Bagi Pemula  

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Webinar Copywriter Skill dengan Teknik SEO Bagi Pemula.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menurut pakar Search Engine Optimation (SEO), copywriting merupakan konten atau artikel menarik yang dapat dipahami oleh search engine atau google dibaca melalui website, landing page, hingga blog.

Demikian disampaikan Founder Blogspedia Group, Marita Surya Ningtyas dalam sebuah pembahasan seminar dalam jaringan yang membahas seputar SEO.

Ia menambahkan SEO Copywriting bertujuan untuk mendapatkan ranking dari google sehingga dapat mendorong pembaca 'take action' seperti download, subscribe, hingga melakukan pembelian.

"SEO copywriter harus memiliki etika yang harus diterapkan yaitu rewrite harus menggunakan bahasa atau kalimat sendiri dengan tone positif, menjabarkan keunggulan brand sendiri, jauhi tindakan plagiasi, menjelekan brand lain dan konten yang mengandung unsur SARA," ujarnya dalam webinar Copywriter Skill dengan Teknik SEO Bagi Pemula, dikutip Rabu (14/6/2023).

Lalu, ia menambahkan agar selalu kembangkan keterampilan dan potensi diri dengan menangkap dan mengeksekusi ide banyaklah belajar berlatih dengan mendengar dan membaca.

Wakil Ketua Umum Siberkreasi Mira Sahid menyampaikan, digital marketing memfokuskan dan mengoptimalisasi website melalui: SeO dan SEM (Search Engine Marketing).

Sebelum itu, lanjut dia, harus menentukan dan menganalisis pasar guna untuk menentukan sasaran target dalam memenuhi kebutuhan pasar.

"Ciptakanlah konten asyik di media sosial jadikanlah solusi untuk setiap masalah yang dihadapi pembaca, setiap tulisan kita selalu hadirkan cerita dengan beragam konsep seperti AIDA, dan lain-lain," terangnya.

Dalam memanfaatkan SEO tentu saja diperlukan kecakapan digital dengan pilar literasi digital lainnya untuk menghadirkan dunia digital yang aman, sehat, dan positif.

Dosen ITB STIKOM Bali / Pandu Digital Muhammad Riza Hilmi menyampaikan bahwa Copywriting SEO adalah bentuk penulisan yang mematuhi seperangkat aturan dan prinsip yang terus berkembang yang ditentukan oleh algoritma mesin pencari.

"Seni sekaligus ilmu dalam merangkai kata sebagai sarana persuasif sebagai media promosi, meningkatkan penjualan, membangun branding, dan sarana influence," tuturnya.

Selain itu, kata dia, hati-hatilah terhadap serangan malware atau virus dalam halaman digital kita, hindari aktivitas atau kecurigaan terhadap tindakan phising dan scam, contoh: akun palsu, peretasan akun pastikan keamanan dari gawai yang kita gunakan termasuk akun sosial media kita.

"Jaga data pribadi jangan sampai disebar selalu waspada terhadap link yang mencurigakan, jangan merespon panggilan /pesan yang meminta data pribadi atau password, selalu berpikir kritis jangan mudah percaya dengan apa yang kita dapat di internet," tambahnya.

Diakhir sesi webinar CEO Trinity Academia Jacobus Loloin mengimbau teknik SEO copywriting penting dalam meningkatkan visibilitas online, lalu lintas organik, otoritas dan kredibilitas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini