News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idul Adha 2023

Wapres Ma'ruf Amin Beserta Istri Salat IdulAdha di Masjid Istiqlal

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melaksanakan Ibadah Salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (29/6/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin beserta istri Wury Ma'ruf Amin melaksanakan salat IdulAdha di masjid Istiqlal, Jakarta dalam perayaan Hari Raya IdulAdha 1444H/2023 M.

Terpantau Ma'ruf Amin beserta istri hadir sekitar pukul 06.51 WIB yang disambut secara langsung Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Terlihat Ma'ruf Amin mengenakan pakaian muslim putih panjang dibalut dengan jas berwarna hitam, peci hitam dengan kain sarung berwarna cokelat.

Setibanya di lantai 1 Masjid Istiqlal, Ma'ruf Amin langsung menempati shaf paling depan yang sudah disiapkan oleh panitia.

Adapun salat iduladha di Masjid Istiqlal ini dimulai sekitar pukul 07.00 WIB dengan dipimpin oleh Imam Rawatib Masjid Istiqlal H.M. Salim Ghazali.

Setelahnya, khotbah dengan tema 'Spirit Idul Adha Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan dan Kedermawanan' dibacakan oleh Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Abdul Moqsith sebagai khatib.

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengatakan, dalam momen IdulAdha ini Ma'ruf Amin turut menyumbangkan hewan kurban di Masjid Istiqlal Jakarta berupa seekor sapi jenis Limousin dengan berat 1,154 kilogram.

Sapi ini telah diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal yang juga sebagai Badan Pengelola Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin pada Selasa (27/06/2023).

"Rencananya, secara resmi sapi kurban tersebut akan diserahkan langsung oleh Wapres usai menunaikan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal kepada panitia kurban," ujar Masduki melalui keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

Baca juga: Bersama Ketua MK, Presiden Jokowi Salat Iduladha di Istana Yogyakarta

Selain di Masjid Istiqlal, Wapres juga menyerahkan 56 hewan kurban sapi di seputar Jabodetabek.

Sapi tersebut memiliki berat rata-rata 800 KG dan 10 ekor kambing.

"Hewan kurban yang diserahkan oleh Wapres  ini, telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Badan Karantina Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, sehingga memenuhi syarat dan layak untuk menjadi hewan kurban," tutur Masduki.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menetapkan 29 Juni 2023 sebagai Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini