News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Gaya Komunikasi Prabowo yang Kini Lebih Terbuka dan Disukai Pemilih Muda

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prabowo Subianto berpidato di hadapan puluhan ribu kader Partai Gerindra dalam acara Konsolidasi Akbar yang dihelat di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (16/7/2023).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terlihat smart saat tampil di hadapan publik.

Aktivitas Prabowo di media sosial juga mendapat banyak respons positif, terutama dari  kalangan muda.

Tak heran jika hasil survei terbaru membuat sosok Prabowo sebagai capres pilihan para pemilih muda di Pilpres 2024.

Gaya komunikasi politik yang berubah bahkan mampu mendongkrak tingkat elektabilitas Prabowo sebagai capres unggulan Pilpres.

Bahkan survei terbaru suara dukungan milenial dan Gen Z kepada Prabowo semakin melonjak sebagai penyumbang suara terbanyak di Pilpres 2024.

"Mungkin cara komunikasinya, beliau juga mendekati generasi yang lebih muda," kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro dikutip Tribunnews.com, Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Erick Thohir Cawapres Ganjar atau Prabowo? Kebersamaan di PT Pindad hingga Duduk Ditemani Gibran

Apa yang dilakukan Prabowo beberapa tahun ini sangat menarik perhatian kaum muda.

Prabowo yang saat ini lebih terbuka dan bergaul dengan generasi muda dibanding sebelumnya yang hanya berada di circle yang satu generasi dengannya.

"Kalau dulu kan, Pak Prabowo cenderung bergaul dengan orang-orang yang satu generasi dengannya," tambah Bawono.

Cara tersebut sangat memberikan dampak positif terhadap elektabilitas Prabowo.

Survei Terbaru Dipilih Anak Muda

Hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru periode 20-24 Juni 2023 Prabowo peraih hasil tertinggi di Simulasi 3 Nama Capres dengan torehan suara sebanyak 36,8 persen diikuti oleh Ganjar Pranowo 35,7 persen dan Anies Baswedan 21,5 persen.

"Bisa jadi, apa yang dilakukan Prabowo selama beberapa tahun terakhir terjadi perubahan pada diri Pak Prabowo," imbuhnya.

Bawono menyebut Prabowo sering terlihat muncul dalam beberapa acara yang diadakan oleh Milenial dan Gen Z, seperti hadirnya Prabowo dalam peresmian Rumah Makan Nasi Padang milik Juragan 99.

Prabowo bahkan mengajak para influencer muda seperti Arief Muhammad ke acara tersebut.

Selain itu, hadirnya Prabowo di acara Mata Najwa yang diundang langsung oleh Najwa Shihab juga menjadi bukti kedekatan Prabowo dengan Milenial dan Gen Z.

"Prabowo dulu juga tidak pernah berkecimpung dalam kegiatan yang melibatkan anak muda. Seperti podcast, atau beberapa bulan lalu menghadiri peresmian rumah makan nasi padang," pungkasnya.

Survei Indikator Politik  yang dilangsungkan periode 20-24 Juni 2023 ini, kalangan generasi Z (Gen Z), sebanyak 40,5 persen memilih mendukung Prabowo sebagai presiden masa depan Indonesia.

Jumlah tersebut sangat jauh dibanding Ganjar Pranowo yang mendapat 35,5 persen dan Anies Baswedan 22,0 persen.

"Ini yang perlu kita kaji ya, apa yg menyebabkan Prabowo unggul di kalangan Gen Z dan Milenial," ucap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu (24/7/2023).

Dia menuturkan, hampir seluruhnya Gen Z saat ini melihat ke sosok Prabowo sebagai capres.

Sedangkan di kalangan milenial, sebanyak 37,1 persen pemilih milenial akan memilih Prabowo di Pilpres 2024 mendatang.

Situasi tersebut semakin menggambarkan hadirnya dukungan kuat dari milenial terhadap Prabowo, namun tetap milenial dan Gen Z merupakan pemilih terbanyak di Pilpres 2024 nanti dengan 63,1 persen suara.

"Sebanyak 40,5 persen Gen Z itu memilih Prabowo, termasuk milenial meskipun tidak secara signifikan karena sangat tipis dengan Ganjar," tutur Burhanuddin.

Kondisi demikian, dia melanjutkan, tentu begitu jelas sangat menguntungkan Prabowo untuk memenangkan Pilpres 2024 nanti.

Selain itu, Prabowo juga unggul di generasi baby boomers yang menyumbang sekitar 12,5 persen suara di Pilpres nanti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini