News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP

PSI Buka Pintu jika Budiman Sudjatmiko Ingin Bergabung usai Dipecat dari PDIP

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Politisi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko saat melakukan wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra di gedung Tribun Network, Jakarta, Selasa (15/8/2023). Pada wawancara tersebut Budiman Sudjatmiko menjelaskan alasan pertemuannya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan perkembangan politik jelang Pemilu 2024. PSI membuka pintu bagi Budiman Sudjatmiko jika ingin bergabung usai dipecat dari PDIP. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) membuka pintu jika Budiman Sudjatmiko ingin bergabung usai dipecat dari PDIP buntut mendukung bacapres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara PSI, Sigit Widodo dalam cuitan di akun X (dulu Twitter) pribadinya, @sigitwid pada Jumat (25/8/2023).

Awalnya, Sigit menghormati keputusan Budiman Sudjatmiko yang tidak ingin bergabung ke partai politik (parpol) manapun untuk sementara waktu.

Sekilas informasi, keputusan Budiman tersebut sempat disampaikannya setelah menghadiri acara bertajuk Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang digelar PSI di Tenis Indoor Senayan pada Selasa (22/8/2023).

Baca juga: Alasan Budiman Sudjatmiko Tak Dukung Ganjar: Populistik, Tak Punya Visi-Misi Strategis

Hal itu disampaikannya menanggapi gonjang-ganjing putusan PDIP buntut dukungannya kepada Prabowo.

"Kami di PSI memahami kesedihan Bung @budimandjatmiko dan menghormati keputusannya jika mau jadi jomblo politik dahulu untuk sementara waktu," katanya.

"Saya tahu Bung Budiman bukan sosok yang mudah pindah ke lain hati, apalagi menjelek-jelekkan yang lama setelah pindah ke yang baru," sambung Sigit.

Lalu, Sigit mengatakan jika Budiman sudah siap untuk berpartai lagi, maka PSI selalu terbuka ketika mantan aktivis '98 itu mau bergabung.

"Jika nanti kesedihan Bung Budiman sudah sedikit memupus dan sudah siap berpartai lagi, pintu PSI selalu terbuka lebar bagi orang idealis yang punya gagasan besar untuk Indonesia sepert Bung Budiman," kata Sigit.

Sebelumnya, Budiman telah resmi dipecat sebagai kader PDIP pada Kamis (24/8/2023) melalui sebuah surat pemecatan yang dikirimkan ke kediamannya dan diterima oleh putrinya.

"Diterima oleh putri saya yang kebetulan waktu kecil dikasih nama oleh Ibu Megawati," ujar Budiman, dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Usai Resmi Dipecat PDIP, Budiman Sudjatmiko Kenang Megawati yang Dulu Beri Nama Putrinya

Budiman pun enggan untuk mengomentari surat pemecatan itu lebih jauh.

"Enggak ada komentar. Saya cuma mau bilang bahwa saya sudah menerima suratnya dan terima kasih untuk semuanya," ucap Budiman.

7 Poin Pertimbangan PDIP Pecat Budiman

Megawati Soekarnoputri di Sekolah Partai PDIP, Kamis (8/6/2023) (kiri) dan Prabowo-Budiman Sudjatmiko di Marnia Convention Center, Semarang, Jumat (18/8/2023) (kanan). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN, IST)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini