News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketua Dewan Pers Ungkap 2 Hal Penting untuk Jadikan Dunia Pers Merdeka

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu saat memberikan sambutan di acara Anugerah Dewan Pers 2023, Jakarta, Jumat (10/11/2023) malam.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengungkap, setidaknya ada dua hal yang paling penting untuk dapat mewujudkan dunia atau industri pers merdeka di masa mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Ninik dalam sambutannya di agenda Anugerah Dewan Pers 2023, Jumat (10/11/2023) malam.

"Secara eksplisit ada 2 hal penting kalau kita menginginkan pers kita adalah yang pers yang merdeka," kata Ninik dalam sambutannya.

Adapun dua hal penting yang dimaksud yakni soal keprofesionalan dari tenaga kerja pers dalam hal ini wartawan dan perusahaan pers yang menaungi wartawan itu sendiri.

Tak hanya itu, sebagai faktor penunjang, peran masyarakat yang berdemokrasi juga menurut dia menjadi hal penting dalam mewujudkan pers yang merdeka.

Baca juga: Dewan Pers Pastikan Aksi Demo Uang Amplop Rp 10 Ribu Kepala Desa Kronjo Bukan Dilakukan Wartawan

"Yaitu ditunjang oleh wartawan profesional dan juga perusahaan pers yang profesional, tentu yang tidak kalah penting ada kebersamaan dan perjuangan para tokoh masyarakat dan masyarakat yang ikut menyuarakan dan menjunjung tinggi demokrasi," kata dia.

Terlebih dalam mengawal proses demokrasi, Ninik menyebut, peran serta masyarakat diperlukan oleh lembaga pers untuk serta mengawal.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu Pimpin Dewan Juri AMSI Awards 2023

Hal ini sebagaimana fungsi dari Dewan Pers yakni menjadi salah satu pilar demokrasi.

"Dan atas kecintaan demokrasi itu lah kenapa pers kita bisa menjadi pers yang maju karena pers adalah salah satu pilar dari demokrasi," tukas dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini