News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dasi Kuning Jokowi di Pangkalan Halim, Begini Maknanya di Mata Politisi Golkar

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2023), sebelum berangkat ke Jepang. /Foto: Tangkapan Layar

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam berbagai kesempatan di acara kenegaraan atau menerima tamu dari negara lain, Presiden Jokowi kerap mengenakan kemeja formal berupa jas dengan dasi warna merah.

Tapi, ada pemandangan menarik saat Presiden Jokowi hendak bertolak ke Jepang untuk acara kunjungan kenegaraan dan pesawatnya bertolak dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Sabtu (15/12/2023) kemarin.

Jokowi mengenakan dasi berwarna kuning. Hal itu menarik perhatian politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi VII DPR RI, Dyah Roro Esti.

Dyah yang juga Wakil Komandan Fanta mengatakan, warna kuning melambangkan masa depan yang cerah.

Dia juga mengatakan jika warna yang identik dengan warna Golkar itu melambangkan kejayaan dan karya kekaryaan yang memiliki arti karya Siaga Gatra Praja yaitu kreatif dan dinamis mengikuti zaman.

“Kalau di Golkar warna kuning itu melambangkan kejayaan, masa depan yang cerah dan karya kekaryaan,” ujarnya.

Selanjutnya, ia menilai penggunaan dasi berwarna kuning oleh Presiden Jokowi bukan tanpa sebab.

Ia percaya jika warna kuning merujuk pada warna partai yang selama ini telah mendukung dan juga merupakan partai yang paling dekat dengan Jokowi.

Ia juga merasa jika dasi kuning yang dikenakan Jokowi adalah suatu bentuk kepercayaan terhadap Golkar.

“Golkar kan identik dengan warna kuning, saya rasa yang dimaksudkan oleh Pak Jokowi itu Golkar, sebagai bentuk kepercayaan Pak Jokowi terhadap partai Golkar yang selama ini telah mendukung pemerintahan beliau,” jelas Roro.

Baca juga: Saat SBY Berpakaian Olahraga dan Nyanyi Lagu Didi Kempot di Acara Jalan Sehat Pacitan

Dengan dasi kuning yang dikenakan oleh Jokowi, ia berharap akan ada masa depan yang cerah pada masa yang akan mendatang dengan melahirkan pemimpin yang memang benar-benar mengabdikan dirinya untuk rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Dia juga berharap akan ada kejayaan partai Golkar di Pemilu 2024 nanti.

Selama di Jepang, salah satu agenda penting Jokowi adalah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia Zero Emission Community (KTT AZEC) yang digelar di Kantor Perdana Menteri (PM) Jepang hari ini, Senin (18/12/2023).

Presiden Jokowi tiba di Kantor PM Jepang sekitar pukul 10.05 waktu setempat dan langsung disambut oleh PM Fumio Kishida.

Selanjutnya kedua pemimpin negara melakukan sesi foto bersama sebelum berjalan bersama-sama menuju lokasi foto bersama. Sambil berjalan, tampak Presiden Jokowi dan PM Kishida berbincang hangat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini