News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Natal dan Tahun Baru 2024

BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem saat Periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Penulis: Gita Irawan
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto saat Konferensi Pers Prediksi Cuaca dan Antisipasi Bencana Jelang Nataru di kanal Youtube FMB9ID_IKP pada Jumat (22/12/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menyampaikan sejumlah imbauan kepada masyarakat khususnya yangbakan melakukan perjalanan baik darat, laut, mauoun udara selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Guswanto mengatakan pertama adalah agar masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem.

Baca juga: Potensi Cuaca Ekstrem Terjadi di Yogyakarta Saat Nataru, Warga dan Wisatawan Diminta Waspada

Cuaca ekstrem tersebut, kata dia, antara lain hujan lebat sampai dengan ekstrem disertai kilat dan petir, kemudian disertai angin kencang.

Di samping itu, lanjut dia, juga gelombang tinggi, banjir rob, serta pasang surut yang berpotensi terjadi pada saat periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal tersebut disampaikannya saat Konferensi Pers Prediksi Cuaca dan Antisipasi Bencana Jelang Nataru di kanal Youtube FMB9ID_IKP pada Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Cara Muhammadiyah Atasi Peningkatan Suhu dan Cuaca Ekstrem, Termasuk Mitigasi Laju Perubahan Iklim

"Pertama, kita perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem," kata Guswanto.

Sebagai langkah mitigasi, kata dia, BMKG juga melakukan pencegaham risiko bencana geohidrometerologi. 

Masyarakat dan stakeholder, kata dia, harus selalu mengupdate informasi dari BMKG agar dapat terinfo wilayah-wilayah mana saja yang rawan atau sedang dilanda cuaca ekstrem.

"Terakhir, karena saat ini adalah dunia digital, di mana penyebaran informasi yang tidak bertanggung jawab sangat masif, kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati ataupun mendapatkan informasi cuaca, iklim, dan gempa bumi, tsunami dari BMKG secara resmi," kata dia.

Ia menjelaskan pada 19 sampai 24 Desember 2023 potensi hujan lebat masih terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Bangka-Belitung, Papua. 

Kemudian pada tanggal 25 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024, lanjut dia, potensi hujan lebat di antaranya terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa timur, dan daerah lain.

Sedangkan potensi hujan sedang, kata dia, masih terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

"Berdasarkan perkembangan musim, saat ini sekitar 42 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Desember, Januari, Februari, nanti puncaknya akan di Januari dan Februari yaitu sekitar 55% zona musim telah memasuki musim hujan," kata dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini