News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2024

Polri Siapkan Skema Pengawalan untuk Pengemudi Motor di Jalur Penyeberangan saat Mudik Lebaran

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemudik bersepeda motor. Korlantas Polri menyiapkan skema pengawalan bagi pemudik sepeda motor di jalur-jalur penyeberangan saat masa mudik Lebaran 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri menyiapkan skema pengawalan bagi pemudik sepeda motor di jalur-jalur penyeberangan saat masa mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut nantinya skema pengawalan itu akan dilakukan secara berkelompok.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mudik Lebaran

"Kita akan melakukan pengawalan untuk saudara-saudara kita yang menggunakan roda dua, dilakukan secara berkelompok," kata Aan dalam keterangannya, Selasa (26/3/2024).

Aan mengatakan adapun pengawalan tersebut akan dilakukan di dua jalur penyeberangan yang keluar dari Pulau Jawa.

"Nanti dikawal oleh petugas sampai ke tempat tujuan ini berlaku untuk di penyeberangan Merak-Bakauheni kemudian di Ketapang-Gilimanuk," ungkapnya.

Selain skema pengawalan, Aan mengatakan pihaknya juga akan menerapkan sistem penundaan perjalanan (delaying sistem) dan buffer zone penyeberangan akan diberlakukan guna mengurai penumpukan antrean masuk di pelabuhan.

Baca juga: Jadi Penyebab Kemacetan, Menhub Budi Karya Imbau Kapolda Antisipasi Pasar Tumpah Saat Arus Mudik


Imbau Tak Naik Motor

Sebelumnya, Polri mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik Lebaran 2024 menggunakan sepeda motor.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko lebih menyarankan masyarakat untuk bisa memanfaatkan program-program mudik gratis salah satunya digelar Polri.

"Polri mengajak masyarakat bagi yang akan melakukan mudik terutama yang menggunakan roda dua agar mendaftar mudik gratis Polri," kata Trunoyudo dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Hal ini diminta Trunoyudo guna meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas yang bisa berujung pada hilangnya nyawa.

"Ini untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas dan agar mudik lebaran dan arus balik dapat berjalan dengan lancar dan aman," ucapnya.

Meski begitu, jika masyarakat tetap ingin mudik menggunakan sepeda motor, agar tetap memperhatikan sejumlah hal terkait keselamatan.

"Cek kondisi fisik dan kendaraan yang akan digunakan hingga menyiapkan perlengkapan pendukung dalam menggunakan kendaraan roda dua," ungkapnya.

Dalam hal ini, ada 155.165 ribu personel gabungan yang akan disiagakan dalam rangka pengamanan dan pelayanan saat masa mudik Lebaran 2024 yakni dengan Operasi Ketupat 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini