News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Gembira PKB dan NasDem Gabung Prabowo, PAN Tidak Khawatir Jatah Kursi Menterinya Berkurang

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi berfose usai bertemu dengan awak media dari Wartakotalive di kantor DPP PAN Pancoran, Jakarta selatan, Rabu (29/11/2023). Viva Yoga menyebut partainya bergembira PKB dan NasDem bergabung mendukung pemerintahan baru Prabowo- Gibran, PAN juga tak khawatir soal jatah menteri. Warta Kota/Yulianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga menyebut partainya bergembira PKB dan NasDem bergabung mendukung pemerintahan baru Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"PAN senang bergembira dan mengapresiasi jika ada partai politik pendukung paslon 01 atau 03 bergabung merapat di koalisi Indonesia maju pasca penetapan putusan mahkamah konstitusi," ucap Viva Yoga saat dikonfirmasi, Senin (29/4/2024).

Ia mengatakan NasDem dan PKB yang bergabung dalam koalisi pemerintahan baru Prabowo-Gibran diharapkan bisa menjaga stabilitas politik nasional.

"PAN senang karena apa, akan memperkuat posisi politik partai pemerintah di DPR agar terjadi stabilitas politik untuk progam-program pemerintah bisa berjalan dengan baik, lancar, efektif sesuai dengan target," katanya.

Lebih lanjut, Viva Yoga menambahkan kerjasama antara Prabowo dan PKB maupun NasDem merupakan gambaran bahwa Indonesia memerlukan gotong royong.

Sebaliknya, seluruh komponen masyarakat bangsa bercermin dalam koalisi parpol.

Karena itu, lanjut Viva, PAN tidak khawatir dengan kehadiran PKB dan NasDem dalam koalisi. Dia pun meyakini Prabowo akan menyusun kabinet secara proporsional. 

Baca juga: Soal Jatah Kursi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran, NasDem Ngaku Sadar Posisi

"Kalau soal posisi, komposisi itu kan hak prerogatif presiden. Presiden akan membentuk zaken kabinet, kabinet yang ahli yang memiliki kapasitas, yang memiliki profesionalitas baik itu bersumber dari orang partai politik kader kader partai politik atau yang bersumber dari luar partai politik," katanya.

"Intinya punya komitmen perjuangan untuk melanjutkan visi misi presiden dan wakil presiden. Dan profesional. Profesional itu kan sumbernya di parpol atau di luar parpol," sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini