News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TNI Rotasi 4 Pangdam di Wilayah Strategis: Eks Sekretaris Militer Presiden Ditunjuk Komandoi Jatim

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerbitkan Keputusan Panglima TNI tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan TNI, lewat surat nomor Kep/851/VII/2024, yang ditetapkan pada 24 Juli 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerbitkan Keputusan Panglima TNI tentang pemberhentian dan pengangkatan jabatan di lingkungan TNI, lewat surat nomor Kep/851/VII/2024, yang ditetapkan pada 24 Juli 2024.

“Bahwa dalam rangka pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan baru di lingkungan Tentara Nasional Indonesia, perlu menetapkan Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia,” tulis Keputusan Panglima TNI tersebut, dikutip Sabtu (27/7/2024).

Dalam surat keputusan ini, setidaknya ada 4 Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) wilayah strategis yang dirotasi.

Baca juga: Panglima TNI Pimpin Sidang Pantukhir Pusat 1.199 Calon Taruna Akademi TNI 2024 cuma 781 yang Dipilih

Mereka diantaranya, Mayjen Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Pangdam V/Brawijaya (wilayah Provinsi Jawa Timur), ditunjuk sebagai Pangdam Jaya (wilayah DKI Jakarta). 

Posisi Mayjen Mohamad Hasan yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya, ditunjuk sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad).

Sedangkan posisi Pangdam V/Brawijaya dirotasi ke Mayjen Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Selanjutnya, Mayjen Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Pangdam IX/Udayana (Bali atau Kepulauan Sunda Kecil) digantikan oleh Mayjen Muhammad Zamroni yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) TNI AD.

Bambang mendapat posisi baru menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Lalu, jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih (wilayah Provinsi Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan) dirotasi dari Mayjen Izak Pangemanan ke Mayjen Rudi Puruwito. 

Baca juga: Panglima TNI Lantik 350 Prajurit Perwira Karir, Beri Penghargaan Prajurit Terbaik Afiya & Gabriella

Rudi sendiri sebelumnya menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad.

Sementara Izak Pangemanan ditunjuk menjadi Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Wadan Kodiklatad).

Adapun lewat Keputusan nomor Kep/851/VII/2024 ini, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi, merotasi, dan promosi jabatan 256 perwira tinggi (pati) dari 3 matra yakni TNI AL, AD, dan AU.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini