News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Andi Mallarangeng Sebut SBY Tak Bisa Hadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bermain gitar. Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan SBY tak bisa mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak bisa mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024.

Menurut Andi, SBY tak bisa hadir lantaran sebelumnya sudah berencana merayakan HUT RI di Pacitan, Jawa Timur.

"Setahu saya memang Pak SBY sudah punya rencana untuk 17 Agustusan di Pacitan," kata Andi kepada Tribunnews.com, Jumat (2/8/2024).

Dia menjelaskan, SBY akan menggelar upacara HUT RI di Pacitan sekaligus merayakan satu tahun peresmian Museum dan Galeri SBY-Ani.

"Rencananya Pak SBY akan hadir atau melakukan upacara 17 Agustusan di Pacitan sekaligus ya itu tadi menghadiri acara ulang tahun museum dan galeri SBY-Ani," ujar Andi.

Namun, Andi pun mengapresiasi kepada pihak Istana Kepresidenan yang mengundang SBY menghadiri upacara HUT RI di IKN.

"Pak SBY biasanya sejak setelah tidak jadi presiden pun kalau pas ada kesempatan untuk merayakan 17 Agustus di istana ya biasanya kalau tidak berhalangan ya hadir. Tetapi kali ini memang sudah ada rencana acara sebelumnya," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, pihaknya turut mengundang presiden terdahulu untuk ikut dalam upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Mereka yang diundang di antaranya Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi untuk mantan presiden rencananya kami undang untuk upacara di IKN bersama dengan Bapak Presiden," kata Pratikno di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Namun, Pratikno mengatakan keputusan datang atau tidaknya dikembalikan lagi kepada para mantan presiden.

"Tentu saja kalau ada hal-hal yang menyulitkan kami juga terbuka kalau beliau-beliau tidak hadir di IKN tetapi hadir di Jakarta," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini