News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Ma'ruf Amin Minta Pembangunan Istana Wakil Presiden di IKN Dilakukan Transparan

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Terkait dengan pembangunan Istana Wapres di IKN, Ma'ruf Amin menegaskan agar pekerja konstruksi mengedepankan tanggung jawab pada aturan.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, KALTIM - Pembangunan tahap I Istana Wakil Presiden RI (Wapres) di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dilakukan.

Hal itu ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Wapres KH Ma'ruf Amin di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (12/8/2024) kemarin.

Terkait dengan pembangunan Istana Wapres di IKN ini, Ma'ruf Amin menegaskan agar pekerja konstruksi mengedepankan tanggung jawab pada aturan.

"Oleh karena itu, perlu pengawasan yang ketat untuk memastikan bahwa setiap langkah pembangunan berjalan sesuai perencanaan," kata Wapres dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

Baca juga: Sidang Kabinet Perdana di IKN, Menkominfo: Tanda Bahwa Pemerintah Siap Bekerja di Ibu Kota Baru

Tak cukup di situ, Wapres Ma'ruf juga meminta transparansi dan akuntabilitas dalam pembangunan Istana Wakil Presiden.

Kata dia, setiap langkah baik itu penetapan anggaran hingga pemilihan vendor atau mitra kerja harus didasarkan pada azaz keterbukaan.

"Saya menekankan agar setiap langkah dalam proses pembangunan ini harus dilakukan dengan penuh keterbukaan, baik dalam hal penggunaan anggaran, pemilihan mitra kerja, maupun dalam proses pengambilan keputusan," ujarnya.

Hal itu penting, karena pembangunan proyek IKN ini dari segala aspeknya menggunakan dana negara.

Wapres juga menginstruksikan kepada seluruh pemangku kepentingan untuk menjaga integritas serta memastikan bahwa proyek tersebut bebas dari segala bentuk penyimpangan dan penyelewengan.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR dan seluruh pihak yang telah berperan serta dalam proses perencanaan dan persiapan pembangunan Istana Wakil Presiden," ungkapnya.

Atas hal itu, Wapres berharap agar pembangunan proyek IKN, termasuk Istana Wakil Presiden dapat berjalan lancar dan tepat waktu.

Baca juga: Prabowo Tekankan Perlunya Mitigasi Bencana Kebakaran di IKN dengan Konsep Forest City

Terpenting kata dia, pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini memberikan manfaat bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara groundbreaking Istana Wapres ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Selanjutnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dan Plt. Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini