News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Ditangkap Polisi Saat Demo di DPR, Anak Jenderal TNI Ini Mengaku Tak Mau Gunakan Nama Besar Ayah

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Asisten pengacara publik LBH Jakarta sekaligus anak penyanyi Machica Mochtar, Iqbal Ramadhan (28), saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Iqbal Ramadhan menjadi perhatian setelah dirinya ditangkap polisi saat ikut dalam demo menolak pengesahan RUU Pilkada di DPR, Jakarta, Kamis (24/8/2024).

Asisten pengacara publik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta ini diketahui putra dari Letnan Jenderal TNI (Purn) Moerdiono yang juga Mantan Menteri Sekretaris Negara Indonesia pada Kabinet Pembangunan V (1988–1993) dan Kabinet Pembangunan VI (1993–1998).

"Memang benar ayah saya seorang Jenderal TNI dan Pejabat tinggi pada era Orde Baru," curhatnya dalam tulisan, Selasa (27/8/2024).

Namun, Iqbal mengaku terlahir dari rahim seorang perempuan, seorang ibu yang penuh dengan perjuangan.

Ibunya harus bekerja keras mencari nafkah dan merawatnya tanpa kehadiran sosok ayah.

"Saya tidak pernah menggunakan nama besar almarhum ayah saya untuk kepentingan pribadi. Saya menjaga rapat latar belakang kedua orang tua saya. Bahkan, ketika saya berada pada situasi yang sangat mengerikan di hadapan aparat bersenjata yang melecehkan, memukul, menendang kepala saya," ungkapnya.

Baca juga: Polisi Tangkap Direktur Lokataru Del Pedro dan Anggota LBH Iqbal Ramadhan Saat Demo di Depan DPR

Tidak sedikit pun terpikirkan untuk memanfaatkan nama besar ayahnya agar diberikan pengampunan oleh aparat yang sedang menyiksa dirinya.

"Hanya satu yang ingin saya ketahui. Bagaimana rasanya menjadi masyarakat kecil saat mereka ditangkap dan ditahan aparat keamanan karena menuntut hak-haknya. Hak untuk bebas dari penyiksaan adalah hak semua anak bangsa diatas bumi manusia," paparnya.

Iqbal menuturkan dirinya bukan seorang anak yang hidup dalam kemewahan dan kekuasaan.

Sejak kecil dia berjuang melawan ketidakadilan.

Baca juga: Putranya Dikabarkan Diamankan Polisi Saat Demo di DPR, Machica Mochtar Lemas Tak Tahu Iqbal Dimana

Ibunya selalu menanamkan nilai-nilai keadilan dan welas asih.

Harapan terbesar ibunya, imbuh Iqbal, adalah agar saya bisa berguna bagi masyarakat dan berpihak kepada mereka yang terpinggirkan.

"Di saat yang lainnya memanfaatkan nama besar orang tuanya agar mendapatkan kedudukan dan jabatan. Ada banyak orang tua dan pemuda yang berjuang untuk membayar biaya pendidikan yang mencekik, mencari kerja untuk menjadi tulang punggung keluarga, dan menjadi Ojol hanya untuk bertahan hidup sehari," katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini