News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kunjungan Paus Fransiskus

VIDEO EKSKLUSIF Kisah Ketum GP Ansor, Inisiator Deklarasi Jakarta-Vatikan Bertemu Paus Fransiskus

Editor: Srihandriatmo Malau
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Addin Jauharudin memimpin para ketua umum organisasi kepemudaan lintas agama Indonesia bertemu pemimpin tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus di Vatikan, Rabu (21/8/2024) lalu.

Paus Fransiskus menandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan di Paul VI Audience Hall saat bertemu dengan Ketua Umum GP Ansor Addin Jauharudin dan organisasi kepemudaan lintas agama, PP Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Katolik, PERADAH Indonesia, dan GAMKI (Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia).

"Bagi Vatikan, tanggapannya luar biasa, mengatakan ini sejarah pertama, ada pemuda lintas agama dari satu negara datang ke Vatikan, bertemu Paus," ujar Gus Addin saat sesi wawancara eksklusif dengan Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network Domu D. Ambarita di Studio Tribunnews, Palmerah, Jakarta, Senin (28/8/2024).

Gus Addin pun memiliki penilaian mengenai sosok Paus Fransiskus usai bertemu langsung di Vatikan.

Dari pengalaman bertemu langsung, Gus Addin melihat sosok Paus Fransiskus sebagai tokoh pemimpin dunia dan agama Katolik yang sangat terbuka dan sederhana.

"Ini kemudian dibuktikan dengan proses dokumen yang ditandatangani, gak ribet, cuma baca sekilas, karena juga beliau tahu tentang Pancasila juga soal Indonesia, lalu langsung ditandatangani," tutur Gus Addin.

Ia juga berharap pasukan Banser NU dan OKP lintas agama bisa dilibatkan untuk menjaga keamananan kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang.

Berikut petikan Deklarasi Jakarta-Vatikan bertema "Keadilan dan Perdamaian untuk Dunia".

Kami Pemuda Lintas Iman, Dengan Ini Berkomitmen:

1. Menjadi generasi muda Indonesia yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai energi positif bagi peradaban dunia;

2. Mengajak kaum muda sedunia untuk membangun masyarakat dunia yang berpegang teguh pada prinsip toleransi, solidaritas, dan gotong royong;

3. Mendukung dan menyebarluaskan pandangan dan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Kehidupan Bersama (Dokumen Abu Dhabi) untuk mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

Vatikan, 21 Agustus 2024

Ditandatangani Oleh
- Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin
- Ketua Umum PP Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma
- Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dzulfikar Ahmad Tawalla
- Ketua Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat
- Ketua Umum DPN Peradah Indonesia I Gede Ariawan
- Ketua Umum Gema Khonghucu Kris Tan.

Saksikan wawancara eksklusif Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network Domu D Ambarita dengan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Addin Jauharudin.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini