News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PKS Tak Khawatir Pemilihnya Hengkang Jika Anies Baswedan Dirikan Partai Politik Baru

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Dewan Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW), menyambut baik wacana Anies Baswedan membentuk partai politik (parpol) baru setelah gagal maju di Pilkada Serentak 2024.

HNW mengaku sebelumnya ia telah mengusulkan Anies Baswedan untuk membentuk parpol baru.

"Kami sendiri, saya pernah sampaikan ke beliau tentang opsi untuk kenapa beliau tidak membuat partai saja begitu," kata HNW di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

"Kalau kemudian sekarang opsi semakin menguat dan beliau akan mengapresiasi atau merespons, dan saya doakan agar beliau sukses dengan partainya," lanjut dia.

HNW mengaku tak khawatir pemilih PKS akan hengkang jika Anies Baswedan membentuk parpol baru.

Dia memastikan PKS siap bersaing dengan partai manapun.

Baca juga: Bocoran Nama Parpol Baru Anies, Peresmian Tunggu Jokowi Lengser

"Berkolaborasi atau berkompetisi semuanya sesuai dengan aturan demokrasi dan aturan yang disepakati, sesuai yang ada di Indonesia," ucapnya.

"Di Indonesia banyak orang bikin partai, partai datang dan pergi, partai ada yang sukses dan tidak sukses. Nah itulah dialektika berdemokrasi dan rakyat yang berdaulat tentu punya kemenangan untuk memilih dan tidak memilih. Semua alternatif terpampang di depan dan silakan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan mendapat banyak usulan untuk membuat partai politik baru usai batal maju dalam Pilkada 2024.

Hal ini setelah dirinya menyinggung jika partai politik sudah tersandera kekuasaan, sehingga dirinya belum memutuskan untuk bergabung dengan Parpol.

Baca juga: Wacana Anies Bentuk Parpol Baru Mencuat, Mardani Tegaskan PKS Jadi Besar Tidak Bergantung Orang Lain

"Nah begini kalau masuk partai pertanyaannya partai mana yang sekarang tidak tersandera kekuasaan, jangankan dimasuki, mencalonkan saja terancam agar berisiko juga bagi yang mengusulkan jadi ini adalah sebuah kenyataan," kata Anies dalam keterangannya melalui video seperti dikutip, Jumat (30/8/2024).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengatakan jika banyak masukan yang menginginkannya untuk membuat partai politik.

Adapun Anies Baswedan tak menampik jika memang diperlukan dibentuk sebuah partai atau organisasi masyarakat (ormas) baru.

"Apakah lalu akan membuat partai politik baru, bila untuk mengumpulkan semua semangat perubahan. Yang sekarang makin hari makin terasa besar dan itu jadi sebuah kekuatan diperlukan jadi gerakan maka membangun Ormas atau membangun partai baru mungkin itu jalan yang akan kami tempuh," ucapnya.

Untuk itu, Anies menyebut kemungkinan terbentuknya partai baru akan terealisasi dengan melihat banyaknya semangat untuk memulihkan demokrasi di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini