News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Jokowi Maruf

Geliat Komplek Rumah Dinas Menteri Sebulan Jelang Jokowi Lengser: Baru 2 Orang Mulai Angkut Barang 

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penampakan rumah dinas Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 15, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (kanan) dan rumah dinas Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan Sadikin di Jalan Widya Chandra III nomor 16 (kiri), pada Kamis (4/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masa pemerintahan Jokowi-Maruf Amin bakal berakhir dengan dilantiknya presiden dan wakil presiden terpilih RI, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober 2024.

Tribunnews menelusuri dua komplek perumahan di Jakarta yang dikenal menjadi rumah dinas para menteri yakni di Jalan Denpasar Raya, Kuningan dan di Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selan, pada Kamis (4/9/2024).

Dari penelusuran diketahui, beberapa menteri mulai mengangkut barang pribadi dari rumah dinas yang ditempatinya. Namun, tidak sedikit menteri yang masih menempati aset negara tersebut meski tak lama lengser dari jabatannya.

Di kawasan Jalan Denpasar Raya ada beberapa rumah dinas menteri, di antaranya rumah dinas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang berada di Blok C3 nomor 14.

Berbeda dengan rumah dinas menteri lain yang sejajar dengan rumah itu, gerbang yang terpasang logo bergambar empat pilar, padi dan kapas membentuk melingkar dan bintang berwarna emas di tengahnya itu terus terbuka.

Logo tersebut merupakan lambang dari Sekretariat Negara yang identik terpasang di rumah-rumah dinas para menteri.

"Gerbang biasanya tertutup. Ini dibuka karena dua hari ini bolak-balik mobil mengangkut barang-barang," kata petugas keamanan rumah.

Baca juga: Orang Dekat Blak-blakan Kaesang Pergi ke Amerika Serikat, Kami di Sini Tertawa

Hal ini sejalan dengan keterangan pria yang juga menjabat sebagai Ketua PSSI yang menyebut sudah meminta timnya untuk segera bersih-bersih di rumah dinasnya tersebut.

Dia berkomitmen akan segera angkat kaki dari rumah dinasnya di penghujung masa jabatannya yang diketahui akan berakhir pada Oktober 2024 mendatang.

Namun, petugas keamanan enggan menyebutkan secara detil terkait barang apa saja yang sudah dibawa selama dua hari belakangan.

"Ini dibawa ke rumah (pribadi Erick Thohir) di Menteng sana," singkatnya.

Suasana sepi juga tergambar di teras rumah tersebut saat ini. Dengan jalan berbelok dari gerbang utama, hanya terlihat sejumlah kendaraan roda dua yang terparkir di dekat bagasi kendaraan.

Pengosongan rumah dinas juga telah dilakukan oleh Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia.

Baca juga: Respon Erick Thohir Soal Kemungkinan Jadi Menteri di Era Presiden Prabowo

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini