News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Jokowi Maruf

Laporan Khusus: Besok Lengser, Sejumlah Menteri Jokowi Tak Kunjung Angkut Perabotan dari Rumah Dinas

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rumah dinas Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono di Jalan Widya Chandra IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/10/2024). Rumah dinas tersebut sudah mulai dikosongkan jelang masa Kabinet Menteri Joko Widodo berakhir 20 Okotber 2024.

Laporan khusus Tim Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suasana sepi menyelimuti komplek rumah dinas menteri di Jalan Widya Chandra, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Jumat (18/10/2024).

Rumah-rumah mewah yang merupakan fasilitas negara untuk para menteri tampak berdiri kokoh dan berbaris menyamping di sisi kanan dan kiri jalan.

Adapun di setiap pagar rumah itu menempel sebuah logo bintang berukuran besar dan berwarna emas seluruhnya. Logo itu menjadi penanda bahwa rumah-rumah tersebut dikelola oleh Kementerian Sekretariat Negara RI.

Pantauan Tribunnews di lokasi sekira pukul 13.30 hingga 15.00 WIB, hanya ada para petugas keamanan di setiap rumah dinas. Sedangkan di bagian jalan utama komplek Widya Chandra, ada tiga sampai empat 
petugas kebersihan tengah menyapu sampah dan daun-daun kering.

Diketahui, sejumlah menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menempati fasilitas rumah dinas, hingga Jumat siang.

Padahal, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumingraka akan digelar tak lama lagi yakni, Minggu 20 Oktober 2024. Dilanjut dengan pelantikan menteri yang dijadwalkan sehari setelahnya.

Meski begitu, beberapa menteri yang menempati rumah dinas masih belum mengangkut barang-barang pribadinya.

Baca juga: Jelang Prabowo jadi Presiden: Maung Limo, Jas Kebesaran, Istana Bersolek hingga Pesta Rakyat

Dimulai dari rumah-rumah menteri di Jalan Widya Chandra V. 

Fitrah, seorang petugas keamanan yang berjaga di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Andi Arman Sulaiman, mengatakan Andi masih menempati rumah dinasnya. 

Rumah dinas tersebut masih difungsikan Andi sebagai tempat tinggal hingga saat ini.

Katanya, Menteri Pertanian itu setiap hari tidur di kediaman nomor 28, yang didominasi warna putih dengan nuansa kayu tersebut.

Bergeser ke rumah dinas menteri nomor 27 yang biasanya ditempati Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Menteri yang juga Ketua Umum Projo itu juga disebut masih tinggal di rumah dinasnya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini