News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kemenag: Tunjangan Khusus Guru Madrasah Wilayah 3T Segera Cair

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Guru mengajar di kelas - Tunjangan khusus bagi guru madrasah di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) segera cair. Insya Allah bulan ini atau awal bulan depan tunjangan khusus dicairkan.

TRIBUNNEWS.COM - Tunjangan khusus bagi guru madrasah di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) segera cair.

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Thobib Al Asyhar, mengatakan pemberian tunjangan khusus ini sebagai bagian dari perhatian pemerintah kepada guru madrasah.

"Tunjangan khusus tahap pertama sudah kami cairkan, dan saat ini sedang persiapan pencairan tahap kedua," ujarnya saat membuka pelatihan skill pedagogik dan substansial guru dan kepala madrasah wilayah 3T di Maluku, Rabu (11/9/2024), dikutip dari kemenag.go.id.

"Insya Allah bulan ini atau awal bulan depan tunjangan khusus kami cairkan," jelasnya.

Pelatihan skill pedagogik dan substansial guru dan kepala madrasah wilayah 3T di Ambon-Maluku merupakan putaran akhir selama 2024.

Sebelumnya, program yang sama dilaksanakan pada wilayah 3T di Aceh, Riau, Kepri, Sumsel, NTT, Kalbar, Maluku Utara, Sulut, dan Merauke.

Pelatihan ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah untuk meningkatkan kualitas pedagogik dan substansial guru dan kepala madrasah di wilayah "remote area".

"Sesuai mandat konstitusi bahwa layanan pendidikan harus mencakup seluruh aspek dan menjangkau semua lapisan masyarakat, termasuk peningkatan kompetensi guru dan kepala madrasah di wilayah 3T. Ini kesempatan langka, pelatihan klasikal guru dan tendik secara luring karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit," katanya.

Baca juga: Asesmen Kompetensi Guru Madrasah, Kemenag: Guru Unsur Penting Dalam Pendidikan

Thobib menyampaikan, keberadaan guru, di manapun, khususnya di "remote area" menjadi fokus Kemenag karena menjadi pilar pokok pendidikan dalam mempersiapkan generasi yang lebih baik.

"Bapak/ibu guru yang bertugas sebagai guru di wilayah 3T menjadi penggerak pendidikan di lapisan masyarakat yang jauh dari fasilitas hidup. Peran bapak/ibu itu menjalankan tugas kemanusiaan dan kerja-kerja peradaban yang amat mulia," tuturnya.

Selain tunjangan khusus dan pelatihan, Thobib yang juga sebagai Plt Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam memberikan bantuan kepada dua guru wilayah 3T yang berdedikasi dan berprestasi.

Masing-masing mendapat laptop yang diharapkan dapat mendukung pembelajaran di kelas.

(Tribunnews.com/Latifah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini