News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gaya Hidup Anak & Menantu Jokowi

Kaesang Pangarep Mengaku Harga Tiket Jet Pribadi ke AS Rp90 Juta, Eks Penyidik KPK: Apa Rasional?

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mendatangi Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Selasa (17/9/2024). Kaesang datang mengenakan kemeja putih. Dia tidak menjelaskan alasannya datang ke Gedung Lama KPK. (TRIBUNNEWS/HO/PSI)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Praswad Nugraha meminta KPK agar lebih skeptis atas pengakuan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Kaesang ketika melaporkan dugaan gratifikasi dibalik penggunaan jet pribadi olehnya, Selasa (17/9/2024), menyampaikan bahwa harga satu tiket ke Amerika Serikat setara Rp90 juta.

Praswad mempertanyakan angka yang diberikan Kaesang.

Pasalnya, kata dia, harga tiket kelas bisnis dari maskapai komersil biasa/non-privat jet ke tujuan yang sama memiliki harga yang jauh lebih mahal.

"KPK memahami prosedur tersebut dan seharusnya melakukan pendalaman lebih jauh mengenai rasionalitas dan motif dari pemberian fasilitas tersebut," kata Praswad dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

"Pada sisi rasionalitas, apakah rasional private jet dapat disewa dengan harga 90 juta per orang dengan destinasi Indonesia–Amerika, dan alasan 'nebeng', sedangkan harga kelas bisnis dari maskapai komersil biasa/non-privat jet ke tujuan yang sama memiliki harga yang jauh lebih mahal," imbuhnya.

Menurut Praswad, KPK bisa saja tidak percaya dengan ucapan Kaesang itu dan melakukan penyelidikan.

Terlebih bukan tidak mungkin, lanjut Praswad, fasilitas pesawat jet pribadi bukan satu-satunya pemberian apabila dibandingkan dengan kasus lainnya. 

Karena pemberian gratifikasi pada sejarah penanganan kasus di KPK tidak pernah tunggal.

"KPK selama ini selalu bisa membuktikan, pasti ada pemberian-pemberian lainnya selain yang terekspose di media. Mengapa untuk kasus dugaan gratifikasi Kaesang KPK seolah-olah menjadi kebingungan untuk memahami anatomi perkara ini," katanya.

"Jangan publik terus-terusan dibodohi,  seolah perkara gratifikasi private jet ini hanya sekedar soal uang pengganti gratifikasi Rp90 juta," sambungnya.

Diberitakan, KPK mengungkap harga satu tiket jet pribadi yang ditumpangi Kaesang Pangarep ke Amerika senilai Rp90 juta.

Hal itu disampaikan Kaesang dalam laporannya ke KPK Selasa kemarin. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini