News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dari Konawe Utara hingga Batanghari, Daftar Kabupaten Penerima Gelar Inovasi Membangun Negeri 2024

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia dinilai berhasil menciptakan inovasi di berbagai bidang, sehingga berdampak signifikan bagi masyarakat. Penilaian itu dilakukan panitia penghargaan Inovasi Membangun Negeri di Jakarta belum lama ini

Laporan Wartawan Tribunnews.com Hasiolan EP

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Sejumlah pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia dinilai berhasil menciptakan inovasi di berbagai bidang, sehingga berdampak signifikan bagi masyarakat.

Penilaian itu dilakukan panitia penghargaan “Inovasi Membangun Negeri 2024” yang diinisiasi stasiun televisi TVOne dan tayang pada Minggu, 22 September 2024 malam.

Penghargaan ini lakukan dengan proses kurasi yang ketat dan bekerjasama dengan lembaga independen Universitas Bakrie untuk menjaga netralitas dan juga kredibilitas program ini.

“Dengan semakin meningkat nya jumlah kategori yang ada, tentunya ini menjadi kehormatan bagi kami sebagai penyelenggara yang kredibel, semoga penghargaan ini memberikan inspirasi bagi para pemimpin baik di sektor pemerintah dan swasta dan juga bagi masyarakat untuk terus bersama-sama membangun negara kita tercinta Indonesia Raya,” Taufan EN Rotorasiko, selaku Direktur Utama tvOne dalam acara itu.

Taufan menyebut, gelaran ini merupakan wujud apresiasi pihaknya terhadap kontribusi yang luar biasa dalam pembangunan bangsa.

Baca juga: BRIN Kembangkan Riset dan Inovasi Deteksi Mpox yang Lebih Akurat

"Penghargaan ini akan diberikan kepada pemimpin daerah, pemerintah daerah, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, dan tokoh nasional yang telah berhasil," ujarnya. 

Dedikasi, semangat positif dan komitmen teguh untuk terus berkembang mengikuti kemajuan zaman yang dilakukan oleh para penerima penghargaan ini patut diberikan apresiasi terbaik. 

“Inovasi Membangun Negeri adalah penghargaan yang kami gagas untuk memberikan apresiasi bagi para tokoh, pemerintah dan juga pelaku usaha yang telah banyak memberikan inovasi dari sisi kebijakan, transformasi dan juga tindakan nyata untuk memajukan Indonesia menyongsong Indonesia emas 2045,” katanya.

Para penerima penghargaan menampilkan inovasi di berbagai bidang yang mereka kembangkan, mulai dari pelayanan publik hingga tanggung jawab sosial perusahaan (CSR)

Satu di antara penerima penghargaan adalah Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, yang memenangkan kategori inovasi di sektor pendidikan dan pertanian.

Inisiatif mereka berfokus pada pemerataan akses pendidikan dan ketahanan pangan serta upaya untuk menurunkan angka stunting.

Sementara itu, Pemerintah Kota Jayapura diakui atas inovasinya di sektor pendidikan dan pariwisata.

Pemerintah Kabupaten Batanghari menerima penghargaan kategori Infrastruktur dan Tata Kota, Pemerintah Kota Bitung mendapatkan penghargaan untuk kategori Layanan Kesehatan, Pendidikan, dan Moderasi Beragama.

Sementara Pemerintah Kabupaten Kotabaru diakui dalam kategori Infrastruktur Penunjang Pariwisata.

Pemerintah Kota Semarang mendapat penghargaan untuk Ketahanan Pangan untuk Pencegahan Stunting, dan Pemerintah Kabupaten Sumenep diakui atas Pendayagunaan Pentahelix.

Pemerintah Kota Makassar meraih penghargaan Kota Sehat Asia Tenggara, dan Pemerintah Kabupaten Natuna memenangkan kategori Pengembangan SDM dan Infrastruktur di Wilayah Perbatasan.

Di sektor privat, badan usaha yang menerima penghargaan adalah dan PT HM Sampoerna Tbk. diberi penghargaan untuk inisiatif mereka dalam mengembangkan UMKM yang berkelanjutan dan PT Telkom Indonesia meraih penghargaan untuk kategori Kesetaraan dalam Lingkungan Kerja.

Caption: Gelaran penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 yang diinisiasi stasiun televisi TVOne dan tayang pada Minggu, 22 September 2024. (Tangkap Layar/HO)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini