News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UIN Bandung Jadi Urutan Pertama PTKN Terbaik se-Indonesia Versi AD Scientific Index 2025

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Berdasarkan AD Scientific Index 2025, UIN Bandung menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik di Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung kembali mencatat prestasi gemilang di kancah akademik nasional.

Berdasarkan AD Scientific Index 2025 yang dirilis September 2024, UIN Bandung menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik di Indonesia.

Diketahui, AD Scientific Index 2025 diukur berbasis kinerja akademik yang komprehensif, dengan memperhitungkan produktivitas penelitian dan dampak ilmiah yang diukur melalui Total H Index.

Ini merupakan metrik yang mengukur jumlah karya ilmiah terindeks dan seberapa sering karya tersebut disitasi oleh peneliti lain di tingkat global.

"Prestasi ini semakin mengukuhkan UIN Bandung sebagai institusi pendidikan yang unggul, tidak hanya di ranah nasional tetapi juga dalam lingkup internasional," ujar Rektor UIN Bandung, Rosihon Anwar di Bandung, Selasa (24/9/2024), dikutip dari Kemenag.go.id.

Dalam peringkat AD Scientific Index 2025, UIN Bandung unggul dibandingkan PTKN lain di Indonesia, berkat performa akademik dan kontribusi penelitian dari para dosen dan peneliti yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini mencerminkan komitmen UIN Bandung dalam menciptakan lingkungan akademik yang mendorong riset inovatif dan relevan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.

"Pencapaian ini adalah bukti nyata dari komitmen kita bersama dalam memajukan pendidikan dan riset berbasis keislaman yang mampu bersaing di kancah global. Kami akan terus berinovasi dan berusaha mempertahankan kualitas ini di tahun-tahun mendatang," ujar Rosihon.

Dengan dirilisnya AD Scientific Index 2025, UIN Bandung berharap hal itu dapat terus menarik minat calon mahasiswa dan peneliti dari berbagai penjuru dunia untuk bergabung dan berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Kuliah Umum di UIN Bandung, Prof Nahla Sabry El Seidy Bahas Kepemimpinan Perempuan dalam Islam

Berdasarkan AD Scientific Index 2025, UIN Bandung menempati peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik di Indonesia. (https://kemenag.go.id/)

Sementara itu, Ketua LPM UIN Bandung, Ija Suntana, berharap prestasi ini tidak hanya membanggakan bagi UIN Bandung, tetapi juga menjadi dorongan bagi seluruh perguruan tinggi keagamaan di Indonesia untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di masa mendatang.

Daftar Urutan 5 PTKN Terbaik se-Indonesia versi AD Scientific Index 2025:

  1. UIN Bandung 2,137 dunia dan 20 Indonesia
  2. UIN Yogyakarta 2,989 dunia dan 40 Indonesia
  3. UIN Sumatera Utara 3,408 dunia dan 49 Indonesia
  4. UIN Jakarta 4,044 dunia dan 66 Indonesia
  5. UIN Makassar 4,279 dunia dan 80 Indonesia

(Tribunnews.com/Latifah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini