News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dua Menteri Jokowi Mundur dari Kabinet, Ada Apa?

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Maruf Amin memimpin sidang kabinet paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (13/09/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mundur dari Kabinet Indonesia Maju. Dua menteri tersebut mundur karena akan dilantik sebagai Anggota DPR.

"Pengunduran diri Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah terkait penetapan keduanya sebagai Calon anggota DPR RI Terpilih dalam Pemilu  2024 oleh Komisi Pemilihan Umum," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada Tribunnews, Senin (30/9/2024).

Baca juga: Pansus Haji Minta Prabowo Pilih Sosok Kompeten untuk Jabat Menteri Agama RI

Jokowi kata Ari telah menyetujui pengunduran diri kedua Menteri tersebut.

 Jokowi juga telah menandatangani Keppres pemberhentian dengan hormat Abdul Halim Iskandar dan Ida Fauziyah.

"Disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Keppres  tersebut tengah dalam proses pengundangan di Kementerian Sekretariat Negara," katanya.

Sebelumnya sebanyak 580 Anggota DPR periode 2024-2029 akan dilantik oleh Mahkamah Agung pada Selasa (1/10/2024).

Baca juga: Eddy Soeparno Buka Suara Seusai Diganti dari Sekjen PAN, Bakal Jadi Menteri?

Mereka yang dilantik sebelumnya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon anggota legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2024 pada 25 Agustus 2024.

Adapun Ida Fauziyah terpilih menjadi anggota DPR dari Dapil 2 DKI Jakarta. Politikus PKB tersebut memperoleh  76.092 suara. Sementara Abdul Halim Iskandar terpilih dari Dapil Jatim 8. Ia yang merupakan politikus PKB tersebut mengantongi  107.011 suara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini