News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anak Menkumham Cium Tangan Fadel Muhammad usai Jadi Lawan Perebutan Pimpinan MPR dari DPD

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Momen mantan Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad mendatangi anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah, Abcandra Akbar Supratman usai mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan MPR 2024-2029 dari unsur DPD RI di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) malam. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah, Abcandra Akbar Supratman langsung mencium tangan mantan Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad seusai mendaftarkan diri maju sebagai calon pimpinan MPR dari unsur DPD RI.

Adapun Akbar mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI dalam rapat pleno di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) malam.

Pantauan Tribunnews, Akbar memutuskan maju sebagai pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI seusai mengirimkan berkas kepada pimpinan rapat pleno. Saat itu, dia sudah mendapatkan sejumlah tanda tangan dari sejumlah anggota DPD RI untuk maju.

Setelah mengirimkan berkas, Akbar langsung sempat berfoto bersama pimpinan sidang. Setelah itu, Akbar pun kembali ke tempat duduk di mejanya.

Tak lama setelah itu, Fadel yang telah terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI langsung mendatangi Akbar. Dia sempat berbincang singkat dengan Akbar.

Kemudian, Akbar pun langsung mencium tangan Fadel sembari membicarakan sesuatu. Namun, tidak jelas apa yang diucapkan Akbar kepada eks politikus Golkar tersebut.

Adapun Akbar dikenal sebagai putra dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham RI), Supratman Andi Agtas. Dia terpilih menjadi anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah yang juga kampung halaman keluarga Supratman.

Baca juga: Pembubaran Diskusi di Kemang: Refly Harun Curiga Sosok Si Rambut Kuncir Bukan Orang Sembarangan

Anggota DPD RI dari Gorontalo, Fadel Muhammad menyatakan pihaknya sudah mendapatkan banyak dukungan dari sejumlah anggota DPD RI untuk kembali maju menjadi Wakil Ketua MPR RI dari unsur DPD RI.

"Insya Allah saya memajukan diri juga seperti biasa. Dan sudah siap dapat dukungan banyak," jelas Fadel.

Fadel mengklaim pihaknya telah mendapatkan dukungan dari mayoritas anggota DPD RI. Bahkan, dia diklaim sudah mengantongi dukungan dari 80 persen anggota DPD RI yang petahana.

"Banyak sekali yang sudah, kalau yang lama sudah 80 persen inkumben minta saya. Iya yang incumbent. Sub wilayah juga banyak," jelasnya.

Baca juga: Saat La Nyalla-Najamudin Hampir Adu Jotos Rebutan Kursi Ketua DPD, Anggotanya Kelaparan

Lebih lanjut, Fadel menjelaskan pihaknya ingin kembali maju lantaran ingin melanjutkan pekerjaan Wakil Ketua MPR RI yang belum tuntas. Khususnya mengenai amandemen UUD 1945.

"Ya ada beberapa hal yang perlu kita kerjakan, terutama dalam amandemen UUD 1945 dan penguatan kelembagaan DPD," tandasnya.

Selain Akbar dan Fadel, ada 4 bakal calon lain yang ikut maju sebagai kandidat bakal calon pimpinan MPR dari unsur DPD RI. Di antaranya, Ahmad Nawardi, Daud Yordan, Agustin Teras Narang dan Maya Rumantir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini