News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Berkaca pada Pilpres dan Pileg 2024, Polri Diyakini Mampu Jaga Kondusivitas Pilkada 2024

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilham Nurhidayatullah Ketua Umum PP. Hima Persis

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan Pusat  Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam atau PP Hima Persis optimis melihat persiapan dan upaya mitigasi yang dilakukan Polri dalam menjaga kondusivitas pilkada serentak 2024. 

Asumsi ini bersumber dari rekam jejak akan kerja keras aparat kepolisian dalam memastikan penyelenggaran pilpres dan pileg 2024 sebelumnya sukses terlaksana.

Baca juga: Tokoh Agama dan Ormas Islam Solo Ingin Pilkada Serentak 2024 Berlangsung Damai

"Dengan melihat rekam jejak atas kerja keras kepolisian dalam mengamankan pilpres dan pileg kemarin, saya optimis akan kesuskesan penyelenggaraan pilkada serentak nanti," sebut Ilham Nurhidayatullah selaku Ketua Umum PP. Hima Persis, Rabu (2/10/2024).

Pilkada serentak tahun ini melibatkan seluruh propinsi selain Yogyakarta dan serta kabupaten- kota se-Indonesia.

Selain kerja setrategis juga teknis pihak penyelenggara serta pihak pengamanan, tentunya partisipasi Ormas, OKP (Organisasi Kepemudaan) dan Ormawa (Organisasi Mahasiswa) juga menjadi salah satu aspek vital dalam kesuksesan penyelenggaran pilkada serentak kali ini. 

"Pilkada Serentak tahun 2024 akan diikuti sebanyak 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Maka, tingkat gesekan antar pendukung calon gubernur atau bupati dan walikota akan cukup terasa di masyarakat. 

Menurut hemat saya, selain peran penyelenggara dan pihak pengamanan, kerjasama antar berbagai elemen masyarakat seperti Ormas dan Ormawa serta lainnya juga akan menjadi penting untuk menyukseskan pilkada serentak nantinya. Sebab, kita ini kan dapat mengedukasi langsung ke level pimpinan di bawah kita sampai ke grassroot," lanjut Ilham.

Baca juga: Lancarkan Perhelatan Pilkada di Daerah 3T, BAKTI Kominfo Tingkatkan Layanan Digital

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak semua pihak, baik itu aparat penegak hukum, dan masyarakat untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

"Sebentar lagi kita melaksanakan Pilkada, ini membutuhkan sinergisitas, dengan stakeholder sehingga Pilkada 2024 bisa berjalan aman lancar dan stabilitas tetap terjaga," kata Kapolri di sela-sela pertunjukan wayang kulit dalam rangka HUT Ke-78 Bhayangkara di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam.
 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini