News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT TNI

HUT ke-79, TNI ''Dihadiahi'' 769 Ranpur dan Rantis

Penulis: Gita Irawan
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerima sebanyak 769 alat, peralatan, pertahanan dan keamanan (Appalhankam) secara simbolis dari Wakil Menteri Pertahanan M Herindra di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (2/10/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjelang Puncak peringatan HUT kr-79 TNI pada 5 Oktober 2024 mendatang, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menerima total sebanyak 769 alat, peralatan, pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) dari Kementerian Pertahanan.

Ratusan alpalhankam yang terdiri dari kendaraan tempur (ranpur) dan kendaraan taktis (rantis) tersebut diserahkan secara simbolis dari Wakil Menteri Pertahanan M Herindra kepada Agus Subiyanto di Lapangan Silang Monas, Jakarta, pada Rabu (2/10/2024).

Alpalhankam yang diserahkan tersebut di terdiri dari Panser Pandur Produksi PT Pindad, Tank Harimau Produksi PT Pindad, Panser Anoa (Basic) Produksi PT Pindad, dan Panser Komodo Apc (Basic) Produksi PT Pindad.

Selain itu, ada Rantis 4x4 Apc, Rantis 4x4, Rantis 4x4 V3 Dan Ransus 4x4 Missile Launcher Produksi PT Sentra Surya Ekajaya, RBB (Rigid Bouyancy Boat) Produksi PT Praba Cipta Mandiri, Kendaraan Maung V3 produksi PT Pindad, Truk Angkut Pasukan, dan Sepeda Motor Listrik Produksi PT Len.

Agus mengatakan ratusan ranpur dan rantis tersebut akan didistribusikan ke tiga matra TNI.

"Hari ini TNI telah menerima alat peralatan pertahanan keamanan dari pemerintah dalam hal ini melalui Kemenhan yaitu berupa kendaraan Panser, Tank, kendaraan lainnya sejumlah 769 unit. Dan ini akan diserahkan kepada, didistribusikan ke TNI AD, AL, dan AU," kata dia.

Baca juga: Update Tentara Gadungan Viral Ditangkap di Monas, Ternyata Penipu Modus Janji Luluskan Jadi TNI AL

Sementara itu, Dirut PT Pindad Abraham Mose mengatakan penyerahan alpalhankam tersebut merupakan rangkaian HUT ke-79 TNI.

Ia mengatakan PT Pindad terus melakukan pengembangan untuk memodernisasi alutsista-alutsista untuk mendukung operasional TNI.

"Ke depan kita juga akan melakukan pengembangan-pengembangan baru di mana kita akan melengkapi kendaraan tempur kita dengan drone-drone intai. Kemudian baru saja kita juga launching produk kita yaitu antidrone (atau) jammer yang juga akan kita demokan pada saat HUT TNI," kata dia.

"Jadi, kita sangat berterima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan yang sudah memberikan kepercayaan buat Pindad untuk terus eksis dan pada hari ini kita membuktikan menyerahkan kendaraan tempur itu untuk mendukung operasional TNI," sambung dia.

Dalam kegiatan itu, Agus juga meresmikan 5 batalyon infanteri baru di wilayah Papua.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini