News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dewan Perwakilan Rakyat

Legislator Muda PDIP Ungkap Pekerjaan Rumah Wujudkan Kesejahteraan Rakyat di Dapil NTT II

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Stevano R. Adranacus di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (1/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Stevano R. Adranacus menjajaki kariernya sebagai anggota dewan per 1 Oktober 2024. 

Memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya masyarakat NTT sebagai konstituen merupakan tanggung jawab utama.

Stevano mengatakan, momen pelantikan ini merupakan puncak dari perjalanan setelah berbulan-bulan kampanye yang sudah dilakukan dari bulan November 2023 sampai Februari 2024 kemarin, sekaligus langkah awal perjuangannya dalam mengemban fungsi kedewanan.

“Ini merupakan langkah awal dari perjalanan panjang kami lima tahun ke depan mendapatkan tanggung jawab dari konstituen yang telah memilih kami untuk menjalankan fungsi kami sebagai anggota DPR RI yaitu fungsi pengawasan, fungsi penganggaran dan juga legislasi,” kata legislator muda itu, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Stevano merupakan Anggota DPR RI periode 2024-2029 dari daerah pemilihan NTT II yang meliputi Pulau Timor, Rote Ndao, Sabu Raijua, dan Sumba.

Dia menyebut, kesejahteraan masyarakat masih menjadi pekerjaan rumah yang besar. 

Sebab itu, ia tak akan lelah menyuarakan dan memperjuangkan hal itu di DPR RI.

“Dapil saya NTT II, tentu saja yang menjadi PR utama adalah kesejahteraan rakyat karena angka kemiskinan di sana masih sangat besar, jumlah lapangan pekerjaan di sana juga masih sangat sedikit, stunting juga masih sangat tinggi angkanya. Tentu banyak PR yang harus kita kerjakan di sana dan itu menjadi tugas saya nantinya lima tahun ke depan untuk menyuarakan suara rakyat di DPR ini,” ujarnya.

Terkait dengan tugasnya ke depan, politisi Fraksi PDI Perjuangan ini dengan gamblang menyatakan ketertarikannya untuk berkiprah di Komisi VI atau di komisi yang nantinya memiliki lingkup tugas perdagangan, BUMN dan investasi. 

Dia bahkan sempat menyebut akan menjadi pengawas BUMN yang baik.

“Saya berlatar belakang dari dunia usaha, tentu saja saya berniat untuk kalau bisa memberikan kontribusi di komisi sesuai dengan pengetahuan saya atau keahlian saya. Kemungkinan itu bisa di Komisi VI untuk bermitra dengan BUMN di mana saya bisa berkontribusi lewat pengalaman saya dan juga jam terbang saya menjadi pengawas BUMN yang baik,” katanya.

Stevano menambahkan, bahwa dirinya akan menjalankan tugas sebagai anggota DPR RI secara profesional. 

Baca juga: Ikuti Jejak Sang Ayah Herman Herry, Politikus Muda PDIP Stevano Adranacus Beri Bantuan Ambulans

Dia pun kembali menekankan pada tiga fungsi utama DPR, yaitu pengawasan, penganggaran, dan legislasi.

Untuk itu ia akan berkomitmen bekerja profesional dalam ruang lingkup fungsi-fungsi tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini