News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bikin Innovation Impact Hub, UIN Jakarta Targetkan Cetak Talenta Digital

Editor: Dodi Esvandi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta meresmikan Innovation Impact Hub pertama pada hari Selasa kemarin (1/10/2024).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta meresmikan Innovation Impact Hub pertama pada hari Selasa kemarin (1/10/2024).

Inisiatif bertajuk ‘Innovation Impact Hub Vol. 01 oleh MAXY Academy & TBN Indonesia di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta’ ini merupakan hasil kolaborasi antara Maxy Academy, TBN Indonesia, dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tujuannya adalah untuk mendorong inovasi dan kewirausahaan sosial di kalangan mahasiswa.

Peresmian ini dihadiri beberapa tokoh yang berperan atas pembentukan Innovation Impact Hub ini, di antaranya adalah Isaac Munandar (CEO & Co-Founder dari Maxy Academy), Andy Febrico Bintoro (CTO & Co-Founder dari Maxy Academy), Teddy Hartono (Chairman of TBN Indonesia), Prof. DR. Ali Munhanif, PhD (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan), Din Wahid M.A., Ph.D (Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama), dan Husni Teja Sukmana, Ph.D (Dekan FST UIN).

Dalam sambutannya, Teddy Hartono, Chairman of TBN Indonesia, menyampaikan pentingnya pemberdayaan generasi muda dalam inovasi sosial.

“Generasi muda sebagai generasi penerus, anak muda ini yang punya ide & inovasi yang perlu kita fasilitasi untuk dikembangkan terus sehingga bisa mengatasi masalah sosial," katanya.

Baca juga: Kominfo Sebut Indonesia Butuh 9 Juta Talenta Digital, Perguruan Tinggi Perlu Cetak SDM Data Science

Teddy menyebut TBN Indonesia adalah jaringan bisnis yang memiliki misi memfasilitasi kewirausahaan sosial dan bisnis berdampak sosial.

Pihaknya bersinergi supaya mahasiswa dapat terhubung dengan dunia bisnis dan teknologi serta mendapatkan akses ke pelatihan, bimbingan, dan jaringan bisnis yang luas.

Melalui Innovation Impact Hub, tempat itu akan menjadi pusat pelatihan inovasi dan inkubator yang didedikasikan untuk pemberdayaan pemuda.

"Di sini, para inovator muda terutama mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan, mengeksplorasi ide, serta mendorong dampak sosial yang lebih luas,” ujar Teddy.

Sementara Isaac Munandar, CEO Maxy Academy, memaparkan visi besar dari pendirian Innovation Impact Hub ini.

“Maxy Academy adalah lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan teknologi dan inovasi. Kami memiliki visi untuk mencetak 1 juta talenta digital serta 1000 entrepreneur sosial pada tahun 2030. Dibangunnya Innovation Impact Hub hasil kolaborasi antara MAXY Academy, TBN Indonesia, serta UIN Syarif Hidayatullah sendiri memiliki untuk mencetak anak-anak muda yang bisa menjadi entrepreneur dan unicorn berikutnya,” kata Isaac Munandar.

Innovation Impact Hub dirancang sebagai training center yang dinamis, di mana mahasiswa dapat berjejaring, bertukar ide, dan mengembangkan proyek-proyek inovatif.

Baca juga: Program Talenta Accelerator 2024 Dorong Tumbuhnya Talenta Digital di Beragam Sektor

Selain itu, hub ini akan menjadi pusat kegiatan pelatihan dan workshop yang terkait dengan kewirausahaan sosial dan teknologi.

Tujuan dari dibangunnya Innovation Impact Hub adalah untuk menjalankan visi utama yakni menciptakan 1 juta talenta digital dan 1.000 wirausaha digital & sosial (sociopreneur) demi menyokong kebutuhan Indonesia yang membutuhkan 9 juta talenta digital pada tahun 2030.

Dekan FST UIN Syarif Hidayatullah, Husni Teja Sukmana, Ph.D, menuturkan harapannya terkait masa depan proyek ini.

Dengan adanya Innovation Impact Hub, diharapkan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dapat semakin terpacu untuk mengembangkan ide-ide kreatif yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Sejak didirikan pada tahun 1957, UIN Syarif Hidayatullah terus berkembang dengan visi menjadi universitas riset kelas dunia, mengintegrasikan ilmu keislaman dan ilmu modern. Harapan saya, dalam 2 tahun ke depan dapat lahir inovasi bisnis yang menginspirasi banyak mahasiswa di seluruh Indonesia dari Innovation Impact Hub ini,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini