News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Survei Indikator: 73,3 Persen Publik Setuju Koalisi KIM Plus DIbentuk

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Survei Indikator terbaru tanggal 22-29 September 2024 menemukan bahwa sebanyak 73,3 persen publik setuju pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus yang dipimpin presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Peneliti Utama Indikator, Hendro Prasetyo mengatakan berdasarkan hasil survei terkait isu-isu mutakhir diantaranya terkait KIM Plus sekitar 33,7 persen warga tahu tentang KIM Plus. 

"Dari yang mengetahui mayoritas setuju dengan terbentuknya KIM Plus yaitu 73,3 persen," kata Hendro dalam rilis Temuan Survei Nasional: Evaluasi Publik Terhadap 10 Tahun Kepemimpinan Joko Widodo yang tayang di YouTube, Jumat, (4/10). 

Ia menjelaskan secara demografi pengetahuan publik terhadap KIM Plus lebih besar pada kelompok laki-laki usia 22-40 tahun dari etnis Sunda, Batak, Minang, Betawi dan Bugis, pendidikan dan pendapatan menengah atas, orang perkotaan, wilayah Sumut, Sumbar, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Sulawesi dan Maluku-Papua.

"Dari yang mengetahui, mayoritas setuju. Tingkat persetujuan lebih rendah pada kelompok usia paling muda, etnis Minang dan Melayu, wilayah Jakarta dan Maluku-Papua," kata Hendro.

Sementara itu menurut wilayah dan basis politik pengetahuan lebih besar pada basis Gerindra, NasDem, PKS dan PAN. Dari yang mengetahui, hanya basis PKS yang terbelah.

Dalam survei ini jumlah responden sebanyak 1.200 warga Indonesia. Adapun sampel tambahan diambil dari 11 provinsi terbesar, yakni Sumut, Riau, Sumsel, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, dan Sulsel. Masing-masing wilayah jumlah respondennya 300, sementara Sumbar menjadi 200 responden

Untuk diketahii, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,3?ngan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga: Survei Indikator: 83,4 Persen Publik Yakin Pemerintahan Prabowo Mampu Pimpin Indonesia Lebih Baik

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini