News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT TNI

Presiden Jokowi: 10 Tahun di Pemerintahan, Saya Merasakan Betul Peran dan Kontribusi TNI

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi saat memberikan sambutan untuk upacara HUT Ke-79 TNI dengan didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berterima kasih kepada jajaran TNI yang telah loyal bagi rakyat, bangsa dan negara selama 79 tahun ini khususnya selama Jokowi menjabat 10 tahun.

"Selama 10 tahun memimpin pemerintahan, saya merasakan betul peran dan kontribusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi berbagai tantangan dan krisis," kata Jokowi dalam sambutannya di Upacara HUT ke-79 TNI, di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah bekerja sangat baik selama ini.

"Yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan, dengan memodernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan dikancah global, dan masih banyak lagi," kata dia.

Jokowi menilai tantangan ke depan memang tidak semakin mudah, di mana ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang semakin cepat.

"Ancaman siber semakin berbahaya, tensi geopolitik semakin memanas. Belum lagi perang yang tidak hanya konvensional, tapi juga perang ekonomi dan perang dagang. Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan," kata dia.

"Oleh karena itu, TNI harus terus memperbaiki diri, terus mengikuti perkembangan zaman, terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada, termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas," pungkasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (YouTube Sekretariat Presiden)

Adapun perayaan  HUT ke-79 TNI pada tahun ini digelar di Monas, Jakarta Pusat. 

Tahun ini, puncak perayaan dengan sejumlah serangkaian acara, dari parade militer, defile alutsista, terjun payung, hingga fly pass.

Sebanyak lebih dari 100 ribu personel TNI dan alutsista dari tiga matra (AD, AL, AU) akan berpartisipasi menampilkan kemampuan dan kesiapan TNI dalam menjaga kedaulatan negara.

TNI mengundang masyarakat untuk menonton langsung perayaan HUT tersebut. 

Panglima TNI Agus Subiyanto pun berharap para prajurit semakin profesional lewat kesejahteraan, pelatihan hingga perlengkapan yang baik.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini