News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hadiri Upacara HUT Ke-79 TNI, Jokowi Puji Prabowo Soal Diplomasi Guna Perkuat Sistem Pertahanan RI

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 TNI, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) sempat melontarkan pujian ke Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Dalam kesempatan tersebut, ia secara khusus menyampaikan rasa terima kasih kepada Prabowo. Jokowi menilai Presiden Indonesia terpilih tersebut telah meningkatkan kekuatan pertahanan negara, salah satunya lewat diplomasi. 

"Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertahanan Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai macam tantangan," ungkap Jokowi.

Baca juga: Pastikan Transisi Pemerintahan Berjalan Baik, Jokowi: Komposisi Kabinet Sepenuhnya Hak Prabowo

"Memodernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri, memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," tambah Jokowi.

Terkait diplomasi pertahanan, Jokowi pun menyoroti konflik Timur Tengah yang bergulir hingga saat ini. Ia menekankan dialog adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik.

"Sebetulnya kalau semua negara melakukan pendekatan lunak, melalui dialog, bertemu, komunikasi baik, saya kira peristiwa di Palestina, di Gaza, di Lebanon, bisa kita hindari. Saya kira memang dialog adalah jalan satu satunya untuk menyelesaikan konflik," kata Jokowi usai memimpin upacara HUT ke-79 TNI.

"Harus diselesaikan di meja perundingan dan semua harus menahan diri untuk tidak memperbesar eskalasi yang ada," tegasnya.

Baca juga: HUT ke-79 TNI, Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Prabowo: Telah Tingkatkan Kekuatan Pertahanan RI

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini