News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemprov Jateng Raih Dua Penghargaan Nasional atas Inovasi Pelayanan Publik

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dalam acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Sheraton Grand Jakarta, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih dua penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas inovasi dalam pelayanan publik. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dalam acara Gebyar Pelayanan Prima Tahun 2024 yang berlangsung di Hotel Sheraton Grand Jakarta, pada Selasa, 8 Oktober 2024.

Dua penghargaan yang diterima oleh Pemprov Jateng meliputi kategori Instansi Pembina untuk lingkup provinsi dalam pelayanan publik, serta kategori Inovasi Kelompok Berkelanjutan dalam pelayanan publik. Pj Gubernur Nana Sudjana mengungkapkan rasa bangganya atas penghargaan tersebut dan menyatakan komitmen Pemprov Jateng untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh pegawai negeri sipil di Jateng. Kami berkoitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Nana. 

Dikatakan Nana, penghargaan tersebut menambah motivasi bagi pemerintah provinsi Jateng dan kabupaten/kota untuk lebih dekat dengan masyarakat,  khususnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Menurut dia, Inovasi pelayanan publik adalah  salah satu strategi untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas. Oleh karenanya,  pelayanan tersebut harus mudah, murah, cepat, berkualitas  dan akuntabel. 

Baca juga: Sukses Turunkan Prevalensi Stunting, Pemprov Jateng Terima Penghargaan Insentif Fiskal Rp6,45 Miliar

Kepala Biro Organisasi Kepegawaian Setda Provinsi Jateng, Dadang Soemantri menuturkan, penghargaan terkait dengan inovasi pelayanan publik dilaksanakan di Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Prof Dr Margono Soekarjo (Banyumas) dan RSUD Dr Rehatta (Jepara).

Inovasi yang dilakukan RSUD Prof Dr Margono Soekarjo meliputi pengembangan sistem persediaan obat/farmasi, sistem antrian layanan pasien, dan pengembangan sistem SMS Gateway menuju registrasi online.

Sedangkan inovasi RSUD Dr Rehatta adalah perawatan luka kusta menyeluruh dengan garden healing, mentoring, dan kolaborasi yang terintegrasi.

"Ini bukti bahwa yang sudah dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, di bawah kepemimpinan Bapak Pj Gubernur Nana Sujana sudah on the track. Kita terus melakukan mengembangkan untuk pelayanan terbaik bagi masyarakat," ucapnya.

Dadang berpendapat, penghargaan yang diperoleh  menjadi penyemangat bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov  Jateng, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudah, cepat, dan berintegritas. 

Pemprov Jateng pun terus mendorong pemerintah kabupaten/ kota untuk aktif berinovasi. 
"Banyak hal yang sudah dilakukan dengan kabupaten/kota,” kata dia.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengatakan,  sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah sangat penting untuk dibangun. Tujuannya adalah memastikan bahwa reformasi birokrasi memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

Baca juga: Hadiah HUT ke-79 Pemprov Jateng: Ekonomi Tumbuh, Kemiskinan Menurun

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini