News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Cak Imin Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Bakal Ajak Anies?

Penulis: Reza Deni
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memastikan akan menghadiri undangan pelantikan Prabowo Subianto dan GIbran Rakabuming Raka.

Di Pilpres 2024 lalu Cak Imin merupakan cawapres pendamping Anies Baswedan. "Pasti datang (pelantikan)," kata Cak Imin di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Soal apakah akan mengajak Anies untuk hadir dalam pelantikan itu atau tidak, Cak Imin mengaku belum mengetahuinya. 

"Enggak tau, saya belum ketemu (Anies)," ujarnya

Sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan, akan ada banyak pihak yang diundang dalam pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih RI, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan tersebut dijadwalkan pada Minggu 20 Oktober 2024 mendatang, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Rencananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum 2024 akan dilaksanakan pada 20 Oktober pada hari Minggu jam 10 pagi di Gedung DPR-MPR di Gedung Nusantara," kata Muzani saat jumpa pers di Gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Achmad Muzani membeberkan beberapa pihak atau tokoh yang kemungkinan masuk dalam list undangan MPR RI.

Sekjen DPP Partai Gerindra tersebut menyatakan, nama para kandidat capres-cawapres di Pilpres 2024 kemarin akan turut diundang.

Baca juga: SBY Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran Hari Minggu 20 Oktober 2024

Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

"Insya Allah pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh termasuk akan dihadiri selain Presiden dan Wakil Presiden terpilih, juga akan dihadiri oleh, kami akan undang kandidat Presiden, kandidat Wakil Presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," kata Muzani.

Nama-nama para mantan presiden dan wakil presiden RI juga akan diundang termasuk nama Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Kami juga akan mengundang para mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, para pimpinan partai politik yang kemarin berkontestasi dalam pemilihan umum," tutur dia.

Baca juga: Mabes TNI Siapkan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran, Satuan dari Tiga Matra Dikerahkan

Terhadap para mantan kandidat capres-cawapres, Muzani menyebut kalau undangan baru akan segera dikirimkan kepada para pihak.

Hingga hari ini pimpinan MPR RI belum mengetahui secara detail terkait dengan konfirmasi kehadiran dari setiap pihak tersebut.

"Pimpinan MPR baru menyetujui bahwa mereka semuanya akan kita undang dalam acara pelantikan dan kami akan segera menyampaikan undangan kepada beliau-beliau," tutur dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini