News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kabinet Prabowo Gibran

Respons KPK Eddy Hiariej Masuk Bursa Menteri Prabowo

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Eddy Hiariej ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara terkait pemanggilan Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto pada hari ini.

Eddy Hiariej yang dipanggil ke kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selatan, Selasa (15/10/2024) pasalnya menuai sorotan.

Diketahui Eddy Hiariej sempat menjadi tersangka di KPK dalam kasus dugaan korupsi. 

Bahkan dia sampai mundur dari jabatan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) karena tersangkut kasus hukum tersebut.

Eddy Hiariej lantas menggugat KPK melalui metode praperadilan. Pada akhirnya status tersangka Eddy gugur karena dia memenangkan praperadilan.

Kembali ke persoalan pemanggilan Eddy Hiariej oleh Prabowo, menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto, Ketua Umum Partai Gerindra itu pasti memiliki sejumlah pertimbangan.

"Jadi kembali lagi, bahwa pada saat presiden terpilih itu memanggil itu tentu sudah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Termasuk pertimbangan hukum," kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2024).

"Saya pikir tidak mungkin beliau ini asal-asalan lah dalam memilih pembantunya," lanjutnya.

Tessa lantas menyinggung apakah KPK dilibatkan atau tidak dalam menjaring calon menteri dan wakil menteri yang akan dipilih oleh Prabowo.

"Sampai dengan informasi terakhir, belum ada permintaan tersebut. Apakah sudah pernah disampaikan di kedeputian pencegahan, dalam hal ini apakah ada gratifikasi atau tidak, atau mungkin LHKPN-nya dimintakan atau tidak, saya belum terinfo," kata Tessa.

Meski begitu, Tessa meyakini bahwa tokoh yang dipanggil Prabowo untuk membantu di kabinet mendatang sudah dipertimbangkan dengan matang.

"Tetapi, tentunya beliau tidak mungkin salah, akan mempertimbangkan matang-matang, siapa atau pembantu-pembantu beliau yang akan menduduki jabatan-jabatan penting untuk mengendalikan hajat hidup orang banyak di Indonesia ini," ujarnya.

"Ini sebenarnya harapan ya, harapan KPK, dan diimbauan juga kepada beliau untuk bisa mencari orang-orang yang tepat menduduki posisi penting tersebut," Tessa mengimbuhkan.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini