News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eks Pimpinan KPK Sebut Prabowo Bisa Goreskan Tinta Emas dengan Terbitkan Perppu KPK

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan keterangan pers di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024). Pada kesempatan tersebut ada 49 orang yang menghadap Prabowo, mulai siang hingga malam hari. Beberapa diantaranya adalah wajah-wajah lama yang merupakan menteri di kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ada juga tokoh dan politisi partai. Tribunnews/Jeprima

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqqodas menyebut Presiden terpilih Prabowo Subianto dapat menuliskan sejarah baik apabila mau menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mencabut UU KPK hasil revisi tahun 2019.

Menurut Busyro, hal itu bisa menjadi modal awal yang bagus untuk masa pemerintahan lima tahun ke depan.

"Sungguh akan menjadu goresan tinta emas sejarah jika Pak Prabowo segera menerbitkan perppu kembalikan KPK sesuai UU yang awal, yaitu nomor 30 tahun 2002," kata Busyro kepada Tribunnews.com, Rabu (16/10/2024).

"KPK tidak lagi sebagai aparat eksekutif, tetapi full independen," imbuhnya.

Selain diharapkan menerbitkan Perppu KPK, Prabowo juga bisa membentuk tim ekstra parlementer bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mendekonstruksi UU Parpol, Pemilu, dan Pilkada apabila ingin mendapat simpati masyarakat.

"Yang selama menjadi sumber politik hulu terjadinya pemilu dan pilkada yang terpental jauh dari moralitas demokrasi dan prinsip jujur, terbuka, dan bebas dari intervensi pemodal dan aparat negara yang disalahfungsikan," kata Busyro.

"Usia Pak PS yang ke-72 itu menjadi momentum indah menuju kepemimpinannya yang husnul khatimah dan mampu mewariskan good legacy bagi generasi penerus," dia menambahkan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini